Tips dokter untuk mencegah sakit gigi

by -0 views
teeth 5536858 1280 - SatuPos.com



teeth 5536858 1280 - SatuPos.com

Jakarta (Satupos) – Spesialis konservasi gigi, konsultan restorasi Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), drg. Iffi Aprillia, Sp.KG(K) memberikan beberapa tips untuk menghindari sakit gigi, salah satunya adalah memilih sikat gigi dengan bulu yang lembut.

Selain itu, coba lakukan perawatan khusus untuk gigi sensitif, ganti secara rutin jika sikat gigi rusak, ganti pasta gigi dengan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif, dan hindari makanan keras sehingga mencegah gigi retak.

Baca juga: Kondisi Darurat yang Memungkinkan Anda Ke Dokter Gigi Saat Corona

“Jangan lupa sikat gigi dua kali sehari, 30 menit setelah sarapan dan sebelum tidur,” ujarnya seperti dikutip dari siaran pers RSUI, Senin.

Iffi menuturkan, orang dengan struktur gigi yang rapat bisa menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.

Ia tidak menganjurkan menggunakan tusuk gigi karena dapat mendorong sisa-sisa makanan ke dalam kantong gusi, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit gusi.

Sebaliknya, sebaiknya konsumsi makanan bergizi seimbang, buah dan sayur mengandung serat yang bila dikunyah dapat berfungsi sebagai sikat gigi alami sehingga sistem pembersihan dalam rongga mulut fungsional.

Baca juga: Lima Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menyikat Gigi

“Makanan manis boleh-boleh saja tapi jangan berlebihan. Jangan lupa, setiap sembuh dari penyakit, seperti flu, kita harus mengganti sikat gigi kita karena dikhawatirkan akan banyak bakteri atau virus yang terkandung di dalam sikat gigi,” kata Iffi.

Loading...

Jika rasa sakit terus berlanjut meski tanpa adanya rangsangan, Iffi menyarankan agar Anda segera berkonsultasi dengan dokter agar masalah lebih cepat tertangani pada tahap awal dan biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

BACA JUGA :  Studi: COVID panjang memengaruhi 1 dari 7 anak 15 minggu setelah dites positif

Gigi terdiri dari lapisan email dan dentin. Nyeri terjadi pada dentin, saat email terkikis. Erosi email dapat terjadi karena paparan suhu panas atau dingin yang ekstrim, serta makan makanan yang terlalu manis atau asam, sehingga impuls saraf yang menyakitkan dapat mencapai dentin.

Secara umum penyebab sakit gigi ada dua macam, yaitu resesi gusi seperti penyakit gusi, menyikat gigi terlalu keras, seiring bertambahnya usia gusi juga bisa rontok, dan erosi lapisan email gigi akibat mengonsumsi makanan dan minuman asam, menyikat gigi juga. keras, dan karies gigi.

Makanan yang bersifat asam bersifat erosif pada email gigi, menyebabkannya larut dan kemudian menipis, meninggalkan lapisan dentin terbuka.

Baca juga: Gigi Sakit Karena Es Krim Paling Ditakuti

Baca juga: Tips Mencegah Sakit Gigi

Baca juga: Mencegah masalah gigi saat PPKM Darurat Tidak Sulit

Reporter: Lia Wanadriani Santosa
Redaktur: Ida Nurcahyani
HAK CIPTA © Satupos 2021



Terimakasih sudah membaca artikel Tips dokter untuk mencegah sakit gigi

dari SatuPos.com

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *