Kenali penyebab mesin mobil bergetar saat AC dihidupkan

by -0 views
air conditioning - SatuPos.com



air conditioning - SatuPos.com

Jakarta (Satupos) – Sejumlah pemilik kendaraan kerap merasa terganggu dengan getaran yang ditimbulkan mesin saat AC dihidupkan, dan hal itu terus berulang hingga pemiliknya merasa getaran itu normal.

Meski begitu, jika hal ini terus berulang, itu pertanda ada beberapa penyebab yang bisa memicunya. Ada baiknya jika pemilik kendaraan harus mengetahui garis penyebabnya jika masalah ini muncul kembali.

Seperti dikutip dari Auto2000, Senin, untuk mengetahui itu semua, ada baiknya pemilik kendaraan mengetahui tiga hal penting dari masalah ini. Mengikuti:

1. Masalah Sistem Idle Up

Gejala mesin mobil yang tiba-tiba bergetar saat AC menyala merupakan tanda adanya faktor penyebab kerusakan pada sistem idle up. Ini biasanya terjadi ketika RPM terlalu rendah. Namun saat AC dimatikan, mesin tidak lagi bergetar. Tentu masalah ini harus segera diatasi.

Mengenai masalah sistem idle up AC, mesin mobil yang bergetar saat AC dihidupkan tidak membuat kabin mobil menjadi dingin. Beban mesin yang bertambah saat RPM rendah membuat performanya semakin berat. Terakhir, hal inilah yang membuat kerja kompresor AC kurang maksimal. Selain itu, hal ini dapat menyebabkan kompresor AC menyala sebentar lalu mati.

Masalah sistem idle up sebenarnya dapat diselesaikan dengan cepat jika Anda mematikan AC mobil. Tapi kabin mobil pasti panas. Untuk itu, segera periksa sistem sensor dan aktuatornya. Jika kinerjanya buruk, Anda harus segera menggantinya. Dipastikan hasil mesin mobil Anda tidak akan bergetar lagi saat AC dihidupkan.

2. Bantalan AC Mobil Rusak

Selain masalah sistem idle up, bantalan AC juga menjadi salah satu faktor penyebab mesin bergetar saat AC dihidupkan. Hal ini disebabkan kerusakan pada bantalan atau pulley sehingga kompresor AC menjadi tersendat dan sekarang getarannya terasa.

BACA JUGA :  Hueningkai dan Beomgyu TXT Berbicara Tentang Bagaimana Mereka Berjuang Menjadi Trainee Dan Menghadiri Sekolah Pada Saat Yang Sama : Berita K-Pop

Sebaiknya segera perbaiki bearing karena jika dibiarkan terus menerus, timing belt juga bisa rusak. Akhirnya lebih banyak masalah muncul. Anda juga harus mempelajari ciri-ciri kompresor AC mobil yang kekurangan oli untuk pencegahan yang optimal.

Loading...

3. Sistem AC Mobil Deadlock

Kerusakan pada sistem AC mobil buntu ini jarang terjadi dan tidak ada salahnya pemilik tetap waspada dan mengecek masalah ini. Biasanya penyebab utamanya adalah frosting pada saluran AC mobil.

Sekedar mengingatkan, frosting adalah pembekuan freon yang akhirnya membuat alirannya terhambat. Padahal sistem freon harus memiliki aliran yang jernih dan tidak ada kendala agar tetap memberikan suhu dingin ke dalam kabin mobil.

Sistem freon pada AC mobil sebenarnya sama dengan AC yang Anda gunakan di rumah. Sangat penting untuk memiliki aliran udara yang baik dalam sistem AC. Itu sebabnya kondensor AC selalu berada di luar ruangan. Dengan posisi itu, aliran udara pasti lebih baik.

Hal ini juga harus dipenuhi pada sistem AC mobil. Jangan biarkan sistem AC macet. Jika alirannya tersumbat, hanya masalah waktu sampai mesin mobil bergetar saat AC dihidupkan.

Baca juga: Apakah Anda masih perlu memanaskan mesin untuk mobil-mobil terbaru?

Baca juga: Gulf Oil meluncurkan dua produk untuk mengatasi Low Speed ​​​​Pre-Ignition

Baca juga: Boleh tambah oli mesin mobil, tapi ada syaratnya

Pewarta: KR-CHA
Redaktur: Alviansyah Pasaribu
Hak Cipta © Satupos 2021



Terimakasih sudah membaca artikel Kenali penyebab mesin mobil bergetar saat AC dihidupkan

dari SatuPos.com

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *