Penggerak roda depan bukanlah halangan melibas tanjakan

by -0 views
IMG 20200203 WA0017 1 - SatuPos.com



IMG 20200203 WA0017 1 - SatuPos.com

Jakarta (Satupos) – Sistem penggerak roda depan (penggerak roda depan/FWD) sering disebut tidak sebagus mobil dengan penggerak belakang (penggerak roda belakang/RWD), terutama saat melibas tanjakan.

Padahal, penggerak roda depan bukanlah penyebab mobil sulit menanjak. Pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu mengatakan penggerak depan dan belakang tidak memiliki perbedaan yang signifikan saat menanjak jika kondisi jalan ideal.

Baca juga: Tips mengemudi dalam posisi duduk yang nyaman dan aman

“Kalau semuanya ideal, tanjakan curam, ban ideal, pengemudi juga tahu segalanya, tidak ada masalah dengan penggerak depan. Perbedaannya tidak signifikan. lalu lintastidak macet, tidak masalah. Yang terpenting adalah caranya melangkah-melangkah-dia itu. Jika langkah-langkahBisa saja, hanya penyesuaian saja,” kata Jusri Pulubuhu dalam siaran persnya, Sabtu.

“Secara keseluruhan kalau mobilnya bergerak, sudah ada gerakan (Momentum bergerak sebelum tanjakan) sebenarnya tidak ada masalah untuk penggerak depan atau belakang,” kata Jusri.

Sebelumnya beredar video Mitsubishi Xpander mengalami kehilangan traksi saat mendaki di Sireview Lauik, Sumatera Barat. Dalam video tersebut, roda depan Xpander kehilangan traksi dengan permukaan jalan yang licin usai diguyur hujan.

Namun, jika video ditonton sampai habis, Xpander justru bisa melibas tanjakan Sireview Lauik setelah pengemudi mengubah arah mobil ke sisi luar tikungan tanjakan yang terkenal curam itu.

“Pojok terdalam di tikungan adalah tikungan dengan tikungan terdalam. Sudut dengan tikungan paling tajam otomatis akan mempersulit mobil untuk menanjak daripada tikungan terluar. Karena itulah truk yang melewati tikungan tidak mengambil tikungan. bagian dalam. Jadi bukan karena saya tidak bisa memanjat, “kata duta merek Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar.

Baca juga: Tips perawatan mobil selama masa PPKM agar tetap dalam kondisi optimal

Dalam video tersebut juga terlihat sebuah mobil berpenggerak roda belakang ditantang untuk melibas tanjakan. Sebagian besar dari mereka melintasi sudut luar tanjakan dan menjaga jarak dari mobil di depan mereka agar tidak berhenti di tikungan.

BACA JUGA :  Selamat HUT RI, sampai jumpa di 2022

“Cobalah untuk tidak melambat saat akan menanjak. Triknya jaga jarak dari jarak jauh, agar tidak melambat. Jika terlalu kencang pasti akan melambat saat kendaraan di depan melambat atau berhenti. Tetap jaga jarak agar tetap menjaga momentum (gerakan),” kata Jusri.

Loading...

“Gerakan ini akan menghasilkan momentum. Jadi momentum ini akan membuat bobot kendaraan menjadi lebih ringan karena ada gerakan momentum, bukan hanya gerakan dari mesin. Artinya beban mesin lebih rendah.” kata Jusri.

Saat peluncurannya, Tsunehiro Kunimoto selaku Corporate Vice President, Design Division Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengatakan mobil berpenggerak roda depan sebenarnya lebih irit, mengakomodasi teknologi terkini, dan menambah kelegaan ruang kabin karena kendaraan lantai menjadi rata.

“Tren di Eropa banyak menggunakan FWD karena akan lebih mengakomodasi teknologi baru,” jelas Tsunehiro Kunimoto di pameran nasional. “Misalnya lantai kabinnya rata karena konsep MPV tentunya harus lega. Bobotnya juga lebih ringan.”

Xpander juga punya teknologi Bantuan Mulai Bukit yang membantu pengemudi di tanjakan. MMKSI juga telah menampilkan Xpander yang mampu menarik korsel seberat 24 ton serta daya tarik tanjakan setinggi enam meter dengan kemiringan 30 derajat pada pameran otomotif nasional 2018.

Baca juga: Rifat Sungkar: KEK Mandalika Maksimalkan Dua Potensi Besar Indonesia

Baca juga: Rifat Sungkar Puas dengan Performa Mitsubishi Xpander AP4

Baca juga: Rifat Sungkar masih setia Xpander AP4 buat balap

Wartawan: A069
Redaktur: Ida Nurcahyani
Hak Cipta © Satupos 2021



Terimakasih sudah membaca artikel Penggerak roda depan bukanlah halangan melibas tanjakan

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *