Pertamina Patra Niaga mengintensifkan digitalisasi berbagai lini

by -6 views
pertamina digitalisasi - SatuPos.com



pertamina digitalisasi - SatuPos.com

Jakarta (Satupos) – PT Pertamina Patra Niaga, sub holding komersial & perdagangan PT Pertamina (Persero) terus menggencarkan program digitalisasi di berbagai lini, baik digitalisasi di ribuan SPBU, aplikasi MyPertamina, hingga pengoperasian mobil tangki.

Dalam digitalisasi SPBU, Pertamina Patra Niaga telah mengimplementasikannya di 5.518 SPBU, sedangkan aplikasi MyPertamina hingga Agustus telah memiliki 15,2 juta pengguna, dan untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan mobil tangki, telah diimplementasikan Smart Mode Transportation (SmartMT). .

Baca juga: Kilang Cilacap Pertamina Raih Sertifikat ISO 50001:2018

“Sudah menjadi komitmen kami untuk mengikuti tren sekaligus memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung operasional perusahaan agar lebih efektif, efisien, aman, dan andal dalam melayani pelanggan kami,” kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, SHC&T, Putut Andrianto, dalam siaran pers. , Jumat.

Dengan komitmen Go Digital tersebut, saat ini Pertamina Patra Niaga terus memperluas program digitalisasinya, yaitu: Sistem Gantry Baru (NGS), digitalisasi dalam Terminal Bahan Bakar (FT) atau Terminal Terpadu (TI). Selain itu, untuk maskapai yang berlangganan produk Avtur, Pertamina Patra Niaga juga mengembangkan Operasi Tanah Digital (DGO).

NGS merupakan digitalisasi dari otomatisasi proses operasi di FT/IT yang sebelumnya masih dioperasikan secara manual. Secara umum NGS memiliki 2 (dua) aspek keunggulan yaitu aspek operasional dan aspek keamanan kesehatan, keselamatan, keamanan, dan lingkungan (HSSE).

Baca juga: Ahli: Restrukturisasi Pertamina sesuai konstitusi

Dari sisi pengoperasian, NGS memiliki keunggulan dibandingkan pengoperasian terminal BBM lama. Dari segi proses pengisian mobil tangki, kelebihan NGS adalah kecepatan aliran pengisian mencapai 2.200 per menit dibandingkan sebelumnya 800 liter per menit.

Dengan sistem ini dimungkinkan untuk pengisian multiproduk yaitu mengisi produk yang berbeda secara bersamaan, dan mengharuskan operator pengisian manual diganti berkat pompa otomatis dengan dosis yang lebih tepat dan hemat energi.

BACA JUGA :  Penjualan Honda City Hatchback RS cenderung meningkat

Dari segi tata letak dan perawatan, NGS juga menawarkan kelebihan, seperti tata letak yang lebih kompak, misalnya, sebelumnya ada 64 . mengisi gudang, dengan NGS hanya perlu 12 isi. Tata letak ini juga dirancang untuk mendukung efektifitas antrian mobil tangki.

Loading...

Penggunaan pipa juga didesain berada di atas tanah, sehingga lebih mudah perawatannya dan fleksibel.

Dari aspek HSSE, NGS juga memiliki beberapa keunggulan, seperti: sistem interlock untuk menghindari tumpahan, penutupan darurat yang dapat menghentikan semua operasi pengeluaran dalam waktu 3 detik dalam keadaan darurat, gunakan sistem busa secara keseluruhan mengisi gudang, dan penempatan CCTV di seluruh mengisi gudang untuk pengawasan waktu sebenarnya.

“Semua keunggulan dan otomatisasi ini kemudian dipantau melalui aplikasi Sistem Informasi Distribusi Bahan Bakar (FDIS) dan ruang kendali terintegrasi di terminal BBM, kami menyebutnya Sistem Otomasi Terminal,“jelas Put.

Saat ini terdapat 11 terminal yang sudah menggunakan NGS, Satupos lain Medan Group, Kertapati Palembang, Panjang Lampung, Tanjung Gerem Merak, Jakarta Group, Bandung Group, Balongan, Pengapon, Rewulu, Boyolali, dan Surabaya Group. Ke depan, NGS direncanakan di FT Cikampek dan FT Manggis Bali.

Sebagai bentuk pelayanan yang optimal bagi maskapai sebagai pelanggan utama produk Avtur, Pertamina Patra Niaga juga menghadirkan inovasi digitalisasi yaitu DGO. Dengan DGO, proses pengisian avtur ke pesawat akan terintegrasi secara otomatis waktu sebenarnya, mulai dari proses penjadwalan, penugasan operator, total volume avtur saat pengisian, hingga proses pembayaran, yang semuanya dikelola secara digital.

Baca juga: KKP panggil Pertamina untuk bahas penanganan tumpahan minyak di Aceh

Baca juga: Manajemen Pertamina Mandalika Kunjungi Rumah Bo Bendsneyder

Wartawan: S026
Redaktur: Ida Nurcahyani
Hak Cipta © Satupos 2021

BACA JUGA :  Roda HSR menyediakan pelek khusus sesuai keinginan



Terimakasih sudah membaca artikel Pertamina Patra Niaga mengintensifkan digitalisasi berbagai lini

dari SatuPos.com

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *