16 Kelebihan & Kekurangan iPhone Dibandingkan Ponsel Android

by -7 views
Kelebihan iPhone 1 - SatuPos.com


Sebagai ponsel yang memiliki penggemar setia, keunggulan iPhone tidak pernah diragukan oleh para penggemar ini. iPhone merupakan jajaran ponsel besutan Apple yang kini sudah mencapai versi ke-10.

kelebihan iphone

iPhone adalah satu merek ponsel terbaik di dunia. Secara umum, harga produk tidak main-main. Di pasaran, iPhone seri terbaru dibanderol dengan harga sekitar Rp. 20 juta. Namun, seri yang keluar beberapa tahun ini masih diminati dan memiliki banyak pengguna.

Misalnya iPhone 7 yang dirilis tahun 2016 lalu, masih banyak pembeli dan penggunanya.

Kelebihan iPhone

Sebagai ponsel yang dapat mengangkat derajat penggunanya, selain memiliki kelebihan, iPhone juga memiliki kekurangan. Pada kesempatan kali ini juragan akan menjelaskan kelebihan iPhone beserta kekurangannya.

Mungkin Anda yang ingin berpindah dari Android ke iPhone bisa mempertimbangkan kembali sebelum memutuskan untuk membeli. Berikut daftar kelebihan dan kekurangan iPhone dibandingkan Android.

Keunggulan iPhone Dibandingkan Ponsel Android

Sebelum menyebutkan kekurangannya, ada baiknya menyebutkan kelebihan iPhone dibandingkan ponsel lainnya. Jadi inilah kelebihan iPhone dibandingkan Android.

1. Kesan Elegan dan Eksklusif

Tak bisa dipungkiri banyak pengguna iPhone memilih menggunakan ponsel besutan Apple ini karena kesannya yang elegan dan eksklusif. Ini mungkin karena harganya yang cenderung lebih tinggi dari ponsel Android.

Kelebihan iPhone

Apalagi desain iPhone, menurut juragan, keren banget. Selain itu, branding yang tercipta tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Pastinya Anda yang memiliki produk Apple ingin logo Bitten Apple terlihat sama dengan orang lain.

Bahkan seri lawas seperti iPhone 5 atau 6/6s masih menjadi buruan karena desain dan logo bertuliskan apel yang digigit terpampang di bagian belakang.

2. Harga Jual Bekas Bagus

Seperti yang juragan sebutkan sebelumnya, produk lama besutan Apple masih terus diburu, sehingga otomatis harga jual barang bekas atau second akan stabil. Memang iPhone adalah ponsel yang ideal, dari segi desain, gaya, dan performa.

Jika seseorang mendapatkan iPhone bekas tetapi dengan harga yang lebih murah dari pasar iPhone bekas, orang tersebut pasti sangat beruntung, apalagi saat kondisinya masih sangat bagus. Berburu iPhone bekas bisa menjadi kesenangan tersendiri.

3. Perlindungan Baik Saat iPhone Anda Hilang

Siapa yang ingin iPhone mereka hilang? Nakhoda yakin tidak ada yang mau. Tapi tidak ada yang pernah tahu, termasuk hilangnya iPhone.

Untuk menjaga keamanan data di iPhone Anda, Apple memberikan perlindungan untuk ponsel Anda melalui ID Apple.

Kelebihan iPhone

Lebih baik lagi, Anda dapat melacak kerugian Anda dengan menggunakan fitur ini. Selain itu, Anda juga dapat mengontrol iPhone Anda dari jarak jauh.

4. Fitur Siri

Salah satu keunggulan iPhone dibandingkan ponsel lain yang cukup dikenal masyarakat umum adalah fitur Siri. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memerintahkan untuk mencari informasi tertentu.

BACA JUGA :  Review- Samsung Galaxy SmartTag, cari barang hilang lewat hp

Selain itu, Siri dirancang untuk mendeteksi perintah suara. Sebenarnya Google telah menciptakan teknologi ini, tetapi Apple telah menawarkan teknologi ini lebih dulu populer.

Kelebihan iPhone

5. Aplikasi Terpilih di App Store

Keunggulan iPhone dibandingkan ponsel lain adalah pemilihan software atau aplikasi di App Store. Mungkin bagi sebagian orang ini bisa menjadi kekurangan.

Namun, aplikasi yang Anda temukan di App Store adalah aplikasi berkualitas dan jauh dari malware dan virus.

Jika Anda mencari aplikasi yang sebelumnya Anda temukan di Android, jangan khawatir, beberapa di antaranya masih tersedia di iPhone.

kelebihan iphone

6. Aman dari Ancaman Malware dan Virus

Sudah menjadi rahasia umum bahwa produk Apple sangat jarang terkena virus dan malware. Mulai dari MacBook, iMac, dan iPhone memiliki sistem operasi yang sangat sulit untuk mendapatkan malware.

Ini berkat seleksi ketat aplikasi yang tersedia di App Store. Selain itu, iPhone dilengkapi dengan sistem proteksi yang sangat baik.

7. Ketahanan yang Akuntabel

Keunggulan lain dari iPhone adalah daya tahannya. Hal ini dapat dibuktikan dengan jangka waktu penggunaan yang lebih lama jika dibandingkan dengan ponsel Android.

Ketahanan ini tidak hanya pada sistem tetapi juga secara fisik. Apple telah merancangnya sebagai produk yang tahan lama dari dalam hingga luar. Ya, itu sepadan dengan harganya.

8. Desain Sangat Berkelas

Banyak orang yang meremehkan desain, dan ada juga yang mengatakan bahwa fungsi lebih penting. Sebab, terkadang, desain juga penting dalam semua aspek produk konsumen.

Apa gunanya seorang desainer jika desain sebuah produk tidak penting. Nah, iPhone memiliki desain yang simpel dan keren.

Loading...

Apple mencoba menggabungkan fungsionalitas serta penampilan. Terlebih lagi, desain iPhone X dengan notch atau poni menjadi pionir desain ponsel di tahun 2018.

9. Aksesoris Terjual Lengkap

Keunggulan lain dari iPhone adalah mudahnya mencari aksesoris meskipun iPhone Anda adalah versi terbaru. Selain itu, di Indonesia terdapat dealer resmi khusus untuk produk Apple seperti iBox dan iStore.

Biasanya kedua toko tersebut menjual aksesoris iPhone lengkap. Selain itu, karena permintaan iPhone yang masih besar, banyak toko yang bukan merupakan dealer resmi iPhone menjual aksesoris iPhone.

Kelebihan iPhone

10. Sistem Operasi Yang Dapat Diperbarui Secara Terus-menerus

Keunggulan lain dari iPhone yang tidak dimiliki Android adalah sistem operasinya yang bisa diperbarui. Apple ingin para pengguna iPhone mendapatkan pengalaman yang adil dari sistem operasi terbaru.

Namun, sayangnya beberapa versi lawas seperti iPhone 5 tidak secara khusus mendukung sistem operasi iPhone terbaru meski Apple menawarkannya.

Kelebihan iPhone

11. Layanan Lebih Cepat dan Lebih Baik

Ini juga mengapa banyak pengguna lebih memilih iPhone daripada Android. Layanan iPhone selalu siap menangani keluhan Anda dan menawarkan solusi yang terjadi pada iPhone Anda.

Selain itu, karena iPhone adalah produk eksklusif, Anda dapat mengunjungi toko iPhone mana pun ketika terjadi masalah, berbeda dengan Android, di mana Anda harus mengunjungi pusat layanan sesuai dengan merek ponsel Android yang Anda gunakan.

12. Sistem Perlindungan Sidik Jari Terbaik Yang Pernah Ada

Sebelum kemunculan iPhone X yang tidak memiliki tombol, iPhone memiliki tombol yang juga menjadi sensor sidik jari. Sensor sidik jari ini bisa dikatakan yang terbaik karena perlindungannya yang ketat dan juga sensornya yang sangat baik.

BACA JUGA :  Hadirkan Teknologi Fast IPS Panel, ASUS TUF Gaming VG28UQL1A Monitor Resmi Hadir di Indonesia

Begitu juga dengan sensor wajah yang pertama kali muncul di iPhone X series, menjadi yang terbaik yang pernah ada.

13. Fitur Apple Pay

Seiring dengan perkembangan zaman, sistem transaksi kini mulai berkembang menjadi bentuk digital. Untuk mengantisipasi perkembangan tersebut, Apple menyediakan layanan Apple Pay berbasis internet sehingga dalam melakukan transaksi lebih cepat dan praktis.

Menggunakan fitur ini tidak sulit, Anda cukup mendaftarkan kartu debit atau kredit ke Apple Pay. Fitur ini juga memiliki perlindungan yang sangat andal sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan keamanannya.

Kelebihan iPhone

14. Fitur HomeKit

Keunggulan lain dari iPhone adalah fitur Home Kit. Fitur ini sengaja dirancang oleh Apple agar pengguna dapat mengontrol perangkat elektronik rumah tangga. Fitur ini mirip dengan yang dimiliki Xiaomi, yakni fitur Mi Remote.

Fitur ini bisa jadi merupakan respon dari kompetitor yang sudah menawarkan fitur serupa. Namun, iPhone selalu berkembang ke tingkat berikutnya.

Kelebihan iPhone

15. Keluarga Berbagi

Fitur ini bisa dikatakan fitur yang relatif baru. Fitur ini dapat mempermudah aktivitas dengan berbagi buku, video, dan juga aplikasi dengan keluarga dan orang terdekat yang juga menggunakan iPhone.

Bagi yang sudah memiliki anak, fitur ini bisa membatasi aplikasi dan fitur yang tidak cocok untuk anak di bawah umur.

16. Kecepatan Stabil

Keunggulan terakhir dari iPhone adalah kecepatan software yang lebih stabil dibandingkan Android. Hal ini dikarenakan Android masih mengandalkan RAM saat menjalankan aplikasi.

Sedangkan iPhone tidak perlu membenamkan RAM berkapasitas besar karena sistem operasinya juga berjalan lebih stabil dan cepat.

Kekurangan iPhone Dibandingkan Hp Android

Namanya juga produk, meski memiliki segudang kelebihan, iPhone juga memiliki kekurangan yang menjadi alasan banyak orang lebih memilih Android. Berikut ini adalah daftar kekurangan dari iPhone.

1. Harga Mahal

Meski keunggulan iPhone segudang, tentunya produk yang hadir dengan branding yang sangat ikonik, komponen tercanggih, dan juga desain yang sangat keren, harganya juga sangat mahal.

Bahkan untuk produk yang dirilis 2 tahun lalu, seperti iPhone 7 atau iPhone 7s, harga barunya masih tergolong tinggi.

2. Tampilan Lebih Monoton

Salah satu kelebihan Android adalah lebih banyak kustomisasi. Karena Android didasarkan pada Linux yang merupakan OS open source, Anda dapat menyesuaikan dan mempersonalisasikannya sesuka Anda. Lain halnya dengan iPhone.

Pasalnya, ponsel ini memang didesain sebagai sistem operasi yang lebih tertutup sehingga tidak bisa banyak mengubah tampilan.

3. Email Permanen

Jika Anda berniat untuk menjual iPhone Anda di masa depan, sebisa mungkin jangan masukkan email Anda karena setelah Anda mengaktifkan email di iPhone Anda, Anda tidak dapat menggantinya.

4. Aplikasi Jauh Lebih Sedikit Dari Android

Sebelumnya, salah satu keunggulan iPhone dimana aplikasi yang ditawarkan terbatas juga seperti koin. Meskipun memiliki kelebihan, ia juga memiliki kekurangan.

Banyak aplikasi menarik yang mungkin bisa mempermudah pekerjaan Anda yang tidak Anda temukan di iPhone sebenarnya ada di Android.

Itulah kelebihan iPhone beserta kekurangannya. Sekarang terserah Anda untuk memutuskan apakah Anda ingin pindah ke iPhone atau tidak.



Terimakasih sudah membaca artikel 16 Kelebihan & Kekurangan iPhone Dibandingkan Ponsel Android

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *