Flashback: HTC One (M8) memiliki dua kamera dan dua OS

by -0 views
1633266038 gsmarena 000 - SatuPos.com


Apa yang datang setelah Satu? Nah, HTC One (M8), tentu saja! Jika kita belum membuat perasaan kita jelas, “Satu” adalah nama yang mengerikan. Tapi kami tidak akan membahasnya lagi, HTC One adalah ponsel menjanjikan yang melakukan segalanya dengan caranya sendiri. M8 adalah sekuelnya dan memperkenalkan fitur kamera yang masih sangat populer hingga saat ini. Atau haruskah kita mengatakan “umum” karena populer menyiratkan bahwa orang menyukainya.

Kami sering menyebut HTC EVO 3D (dari 2011) sebagai salah satu ponsel kamera ganda pertama (bersama dengan LG Optimus 3D). Namun, itu tidak terlalu berguna karena 3D adalah gimmick yang sepertinya hanya berfungsi di bioskop (dan bahkan itu masih bisa diperdebatkan). Jadi, ponsel kembali ke satu kamera selama beberapa tahun.

HTC One (M8) dari 2014, sekuel dari One asli


HTC One (M8) dari 2014, sekuel dari One asli

Kemudian pada tahun 2014 HTC merilis sekuel One yang diulas dengan baik. HTC One (M8) memiliki dua kamera, tetapi tidak untuk 3D – ini adalah ponsel pertama yang menggunakan kamera sebagai sensor kedalaman, yang memungkinkan semua jenis efek kedalaman bidang. Hari ini Anda mungkin memutar mata Anda pada kata “sensor kedalaman”, tetapi saat itu itu adalah inovasi asli.

Duo Camera menghadirkan kembali modul UltraPixel, upaya HTC untuk meyakinkan dunia bahwa piksel yang lebih sedikit dan lebih besar lebih baik daripada lebih banyak piksel yang lebih kecil. Jadi, sensor 4MP memiliki piksel 2,0µm meskipun hanya berukuran 1/3,0”. Beberapa ponsel saat ini mendekati, misalnya iPhone 13 Pro baru memiliki piksel 1,9 m, Galaxy Z Fold3 1,8 m piksel.

Flashback: HTC One (M8) memiliki dua kamera dan dua OS

Hal lain yang menarik untuk diperhatikan adalah bahwa ini adalah sensor 16:9. Apakah kamera Anda disetel ke 4:3 atau rasio aspek lebar? Karena jika yang terakhir, Anda tidak menggunakan sensor di ponsel Anda secara maksimal (bagian atas dan bawah gambar terpotong). Tidak demikian halnya dengan HTC Ones, mereka memberikan yang terbaik dalam mode lebar.

HTC One M8
HTC One M8
HTC One M8
gsmarena 001 - SatuPos.com
gsmarena 002 - SatuPos.com
gsmarena 003 - SatuPos.com
gsmarena 004 - SatuPos.com
gsmarena 005 - SatuPos.com
gsmarena 010 - SatuPos.com

Contoh kamera HTC One (M8)

Modul kedua juga memiliki sensor 4MP yang menangkap pemandangan dari perspektif yang sedikit berbeda. Ini memungkinkan ponsel untuk menghitung peta kedalaman, pada dasarnya pembacaan seberapa jauh setiap bagian gambar. Inilah yang memungkinkannya menghasilkan bokeh buatan – latar belakang yang lembut dan tidak fokus yang membuat subjek Anda menonjol.

Mode alternatif mencoba memisahkan subjek dari latar belakang dengan cara lain, misalnya meletakkan sketsa atau efek kartun di latar belakang.

Flashback: HTC One (M8) memiliki dua kamera dan dua OS

Anda tidak perlu memutuskan di tempat, informasi kedalaman disimpan di samping foto, sehingga Anda dapat kembali dan mengubah kedalaman bidang nanti. Ini mirip dengan bagaimana iPhone baru dapat menyesuaikan fokus dalam video (mereka memiliki lebih banyak kekuatan pemrosesan yang mereka miliki, tentu saja, yang meningkatkan efeknya secara signifikan). Berikut adalah contoh sebelum dan sesudah:

HTC One M8
HTC One M8

Efek foto UFocus: Sebelum dan Setelah

Efek bokeh dari kamera M8…tidak terlalu bagus. Peta kedalaman yang dihitung oleh telepon tidak terlalu akurat dan akan mengaburkan sebagian subjek atau melewatkan penerapan efek ke bagian latar belakang. Biasanya itu terjadi di sekitar batas subjek, membuat cacatnya cukup terlihat.

HTC One M8
HTC One M8
HTC One M8

HTC One M8
HTC One M8
HTC One M8

Efek foto: Normal • UFocus • Foregrounder • Colorize • Seasons • Stereoscopic

Nokia bereksperimen dengan foto yang dapat difokus ulang pada tahun 2013. Aplikasi Nokia Refocus dirilis secara terpisah dan bukan bagian dari aplikasi kamera Lumia. Ini memungkinkan Anda untuk memilih bagian mana dari gambar yang akan menjadi fokus (bahkan setelah fakta) dan ada opsi untuk membuat semuanya menjadi fokus. Dan bukan hanya Anda – Anda dapat berbagi foto di Internet dan membiarkan semua orang bermain dengannya. Sayangnya, ini membutuhkan penonton khusus, yang tidak lagi berfungsi.

BACA JUGA :  Kredivo akan bergabung dengan VPC Impact menjadi perusahaan publik

Flashback: HTC One (M8) memiliki dua kamera dan dua OS

Nokia akan mencoba versi yang jauh lebih canggih dari ini dengan Nokia 9 PureView dan dalam pengujian kami, kami menemukan hasilnya sebagai yang terbaik di ponsel. Namun, sulit untuk melakukannya, membutuhkan banyak kamera. Google menunjukkan bahwa Anda dapat menangkap kedalaman bidang dengan satu sensor (berkat data yang biasanya digunakan oleh sistem autofokus Phase Detection).

Flashback: HTC One (M8) memiliki dua kamera dan dua OS

Omong-omong, inilah tampilan peta kedalaman:

Flashback: HTC One (M8) memiliki dua kamera dan dua OS

Selanjutnya, ada masalah lain dengan pengaturan kamera M8 juga. Pertama, tidak dapat merekam video 4K – resolusi tidak cukup, meskipun rasio aspek sensor sempurna untuk video. Ini buruk karena ponsel berkemampuan 4K pertama tiba tahun sebelumnya dan pada tahun 2014 sebagian besar flagships profil tinggi mengiklankan fitur itu.

Kedua, HTC menghapus Optical Image Stabilization dari kamera utama. Memutar lensa kamera ini akan membuang perhitungan kedalaman. Prosesor gambar kustom baru, ImageChip2, berjanji untuk menangani stabilisasi (selain menciptakan gambar yang lebih tajam), tetapi itu tidak berhasil. Ini merusak fotografi cahaya rendah karena gambar dengan kecepatan rana lambat mengalami jabat tangan.

Loading...

Tetapi jika Anda memiliki tangan yang stabil (atau tripod), sensor bekerja cukup baik dalam gelap. Ini adalah bidikan yang kami gunakan untuk alat Perbandingan Foto di masa lalu (catatan: Anda dapat mengklik tombol bandingkan di sebelah kanan dan memilih dua gambar untuk tampilan berdampingan).

HTC One (M8) (dipotong menjadi 4: 3)
HTC One (M8) (dipotong menjadi 4: Samsung Galaxy S5 (dipotong menjadi 4:3)
HTC One (M8) (dipotong menjadi 4: Apple iPhone 6 Plus

HTC One (M8) (dipotong menjadi 4:3) • Samsung Galaxy S5 (dipotong menjadi 4:3) • Apple iPhone 6 Plus

M8 terlihat sangat mirip dengan HTC One asli (alias M7). Itu memiliki eksterior logam yang indah dan speaker stereo yang menghadap ke depan, sesuatu yang menjadi merek dagang untuk seri ini. Namun, ada beberapa perbaikan internal. Sebagai permulaan, HTC menggunakan lebih banyak logam (90% vs 70%) dibandingkan dengan M7 dan lebih sedikit polikarbonat. Itu membuat ponsel lebih berat, tetapi lebih kokoh.

HTC One M8
HTC One M8

Ada tiga warna yang tersedia saat peluncuran

Juga, chipsetnya adalah Snapdragon 801 kelas atas. Itu membuat Android terbang dan bukan hanya OS Google – ada opsi OS kedua untuk ponsel ini, apakah Anda ingat yang mana? Kita akan membahasnya sebentar lagi, mari selesaikan dengan perangkat kerasnya terlebih dahulu. Chipset baru ini juga mengaktifkan Quick Charge 2.0 Qualcomm, memungkinkan baterai 2.600mAh yang relatif besar pada saat itu untuk mengisi daya pada 18W.

Peringkat daya tahan ditingkatkan secara besar-besaran dibandingkan M7 (77j vs 48h), meskipun layar 5,0” lebih besar (naik dari 4,7”). M8 yang lebih besar juga menemukan ruang untuk menyertakan slot microSD khusus, sedangkan M7 tidak memilikinya.

HTC One (M8) (2.600 mAh) memiliki daya tahan baterai yang jauh lebih baik daripada M7 (2.300 mAh)
HTC One (M8) (2.600 mAh) memiliki daya tahan baterai yang jauh lebih baik daripada M7 (2.300 mAh)

HTC One (M8) (2.600 mAh) memiliki daya tahan baterai yang jauh lebih baik daripada M7 (2.300 mAh)

HTC One (M8) memiliki beberapa fitur yang masih terasa modern. Misalnya, itu akan memenuhi dorongan saat ini untuk hidup sehat melalui alat smartphone dengan aplikasi Fitbit yang sudah diinstal sebelumnya. Ini berfungsi sebagai pedometer, memungkinkan Anda untuk memeriksa berapa banyak langkah yang telah Anda ambil hari ini.

BACA JUGA :  Microsoft merilis lagi aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC Windows 11

Kasing HTC DotView adalah desain yang masih populer hingga saat ini:

Kasus HTC One (M8) DotView
Penutup Dompet Ultra LED Galaxy S21

Casing HTC One (M8) DotView • Penutup Dompet Ultra LED Galaxy S21

Ada beberapa varian menarik dari HTC One (M8). Edisi Google Play berharga $700 (versi reguler adalah $650) dan menjalankan Android, tanpa SenseUI HTC. GPE mendahului program Android One, tetapi sayangnya tidak terlalu berhasil (bukan karena ponsel Android One menjadi hit). Simak ulasan kami jika Anda penasaran dengan yang satu ini. Orang-orang segera menemukan cara menginstal ROM GPE pada unit M8 biasa, tetapi Anda harus membuka kunci bootloader terlebih dahulu.

HTC One Edisi Google Play
HTC One Edisi Google Play
HTC One Edisi Google Play

Foto resmi HTC One Google Play Edition

Ada juga edisi Harman/Kardon, yang diluncurkan di Sprint di AS. Ini menampilkan 24-bit, 192 kHz DAC untuk pemutaran audio HD lossless. Untuk sepenuhnya menghargai kualitasnya, sepasang headphone Harman/Kardon AE-S disertakan dalam paket ritelnya. Juga, aplikasi Harman Clari-Fi memulai debutnya di ponsel, ia berjanji untuk “membangun kembali” audio terkompresi ke bentuk aslinya. Versi ini biaya total $680 dan datang dengan enam bulan berlangganan gratis ke Spotify. Plus, Anda bisa mendapatkan diskon besar untuk speaker Harman/Kardon Onyx Studio – hanya membayar $100, bukan $400 penuh.

gsmarena 002 - SatuPos.com
gsmarena 003 - SatuPos.com
gsmarena 004 - SatuPos.com
Foto resmi edisi HTC One (M8) Harman/Kardon

Lalu ada HTC One (M8 Eye). Nama aneh ini adalah pengakuan bahwa sensor 4MP bukanlah ide yang bagus, jadi ponsel ini hadir dengan sensor utama 13MP. Itu masih tidak bisa merekam video 4K. Juga, sensor kedalaman diturunkan menjadi 2MP. Berikut adalah beberapa contoh foto dari ulasan kami:

Sampel kamera HTC One (M8 Eye): sensor 13 MP biasa, bukan sensor UltraPixel 4 MP
Sampel kamera HTC One (M8 Eye): sensor 13 MP biasa, bukan sensor UltraPixel 4 MP
Sampel kamera HTC One (M8 Eye): sensor 13 MP biasa, bukan sensor UltraPixel 4 MP
Sampel kamera HTC One (M8 Eye): sensor 13 MP biasa, bukan sensor UltraPixel 4 MP
Sampel kamera HTC One (M8 Eye): sensor 13 MP biasa, bukan sensor UltraPixel 4 MP
Sampel kamera HTC One (M8 Eye): sensor 13 MP biasa, bukan sensor UltraPixel 4 MP

Sampel kamera HTC One (M8 Eye): sensor 13 MP biasa, bukan sensor UltraPixel 4 MP

Kami akan segera menyebutkan beberapa versi yang lebih menyenangkan seperti edisi Phunk yang hanya 64 dibuat sebagai persiapan untuk pameran mendatang oleh studio desain. Edisi SHIELD One M8 bahkan lebih terbatas – ada 10 unit untuk AS dan 4 untuk Kanada. Ini setelah Chris Evans berperan sebagai Captain America, jadi kami tidak tahu ada apa dengan wallpaper norak itu.

HTC One (M8) Phunk
PERISAI Satu (M8)

HTC One (M8) Phunk • SHIELD One (M8)

Yang paling menarik dari kelompok itu adalah HTC One (M8) untuk Windows. Seperti namanya, ini adalah perangkat keras M8 tetapi dengan Windows Phone 8.1 pra-instal. Model ini tiba beberapa bulan setelah versi Android dan menawarkan pilihan kepada pengguna: Microsoft atau Google. Itu adalah pengalaman yang menarik – lihat ulasan kami jika Anda penasaran – tetapi mengalami semua masalah yang sama dengan M8 asli.

Flashback: HTC One (M8) memiliki dua kamera dan dua OS

HTC berada di tempat yang sulit pada tahun 2013. HTC One dipuji oleh pengulas dan meskipun terjual dengan baik, masalah rantai pasokan membatasi keberhasilannya. Hal ini menyebabkan kerugian kuartalan pertama HTC. Yang pertama dari banyak, sayangnya. The One (M8) adalah upaya perusahaan untuk bangkit kembali, tetapi pembuat Android yang dulu mendominasi mengalami penurunan dan M8 (dan ponsel yang mengikutinya) tidak cukup untuk membalikkan keadaan.

Merek HTC masih hidup, meskipun fokusnya telah beralih ke Virtual Reality. Bagian dari divisi telepon HTC dibeli oleh Google untuk melanjutkan pengembangan ponsel Pixel di rumah, sehingga Pixel meneruskan warisan ponsel HTC.



Terimakasih sudah membaca artikel Flashback: HTC One (M8) memiliki dua kamera dan dua OS

dari SatuPos.com

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *