Flashback: melihat kembali smartphone 5G pertama

by -3 views
gsmarena 00000 - SatuPos.com


5G masih diiklankan sebagai perkembangan baru dan menarik dalam teknologi seluler, tetapi sudah lebih dari 2 setengah tahun sejak ponsel 5G pertama diluncurkan, jadi itu tidak terlalu baru. Namun beberapa negara masih dalam tahap uji coba dan tidak memiliki jaringan 5G komersial yang aktif. Bukan berarti ini menghentikan pembuat smartphone untuk membual tentang peluncuran ponsel 5G terbaru.

Mari kita kembali ke awal tahun 2019 ketika kelompok pertama ponsel 5G muncul. Banyak yang diresmikan pada bulan Februari, tetapi tidak akan diluncurkan sampai beberapa bulan kemudian. Meskipun ada sedikit penundaan, Samsung Galaxy S10 5G yang pertama kali tersedia.

Awalnya akan dirilis pada bulan Maret, ponsel ini akhirnya mencapai toko-toko di Korea Selatan pada tanggal 5 April. Itu juga seharusnya diluncurkan di Verizon di AS pada tanggal yang sama, tetapi penundaan lain mendorongnya kembali dan pre-order dimulai pada tanggal 25 April. (dan pengiriman tidak akan dimulai sampai pertengahan Mei).

Flashback: melihat kembali smartphone 5G pertama

Sebelum kita kembali ke S10 5G, kita harus menyebutkan ponsel yang hampir datang lebih dulu. LG berencana untuk meluncurkan V50 ThinQ 5G pada 16 April, tetapi mendorongnya kembali untuk mengoptimalkan modem 5G dengan Qualcomm. Telepon akhirnya tersedia pada 11 Mei. Oppo Reno 5G juga tiba pada bulan Mei, sebenarnya keluar sebelum LG V50 karena penundaan.

Keduanya ditenagai oleh Snapdragon 855, tetapi bukan itu yang memberi mereka konektivitas 5G. Itu dimaksudkan untuk dipasangkan dengan modem X50 eksternal, chip 5G pertama dari Qualcomm. Dan seperti yang dapat Anda bayangkan, ada beberapa masalah dengan itu, sehingga pembuat harus mengubah jadwal aslinya.

Kembali ke Galaxy S10 5G. Itu mencapai Inggris pada awal Juni, AT&T AS pada pertengahan Juni (itu adalah ponsel 5G pertama AT&T), Sprint beberapa minggu kemudian dan berada di Jerman pada akhir Juni (sebelum jaringan 5G pertama di negara itu bahkan diaktifkan).

BACA JUGA :  Kelas literasi digital menjadi bagian dari Indiskop 2021

Samsung Galaxy S10 5G adalah smartphone 5G pertama yang menjangkau konsumen
Samsung Galaxy S10 5G adalah smartphone 5G pertama yang menjangkau konsumen
Samsung Galaxy S10 5G adalah smartphone 5G pertama yang menjangkau konsumen

Samsung Galaxy S10 5G adalah smartphone 5G pertama yang menjangkau konsumen

Ponsel itu sendiri sangat besar – dengan layar AMOLED Dinamis 6,7” 1440p, itu adalah semacam ponsel Ultra keluarga, sebelum Samsung memperkenalkan label itu. Sebagai perbandingan, Galaxy S10+, yang terbesar dari jajaran S10 4G, memiliki layar 6,4”. Itu juga berat, dengan timbangan 198g.

Ponsel ini menandai beberapa yang pertama untuk Samsung. Misalnya, itu adalah ponsel Galaxy pertama yang mendukung pengisian kabel 25W (meskipun yang lain cepat mengikuti) dan itu adalah yang pertama dengan sensor kedalaman 3D (waktu penerbangan). Itu memiliki dua, sebenarnya, satu di depan dan satu di belakang.

Pengaturan kamera lainnya pada dasarnya sama, meskipun sensor 3D dan pemrosesan gambar yang ditingkatkan mendorong Galaxy S10 5G ke puncak grafik DxOMark pada saat itu.

Flashback: melihat kembali smartphone 5G pertama

Loading...

Namun, tidak semuanya bagus, model ini tidak memiliki slot microSD sedangkan tiga model S10 lainnya memiliki satu. Itu memang mendapat perlakuan khusus karena jalur warna Crown Silver eksklusif untuk model 5G, memiliki efek prismatik yang berubah warna bila dilihat dari sudut yang berbeda.

Kami menyebutkan chipset Snapdragon 855 dan modem X50 sebelumnya dan itulah yang digunakan S10 5G di AS. Namun, versi global (termasuk ponsel untuk Korea) menampilkan Exynos 9820 yang dipasangkan dengan modem Samsung, Exynos 5100, yang merupakan modem 5G pertama di dunia.

Modem yang digunakan di smartphone 5G pertama
Modem yang digunakan di smartphone 5G pertama

Modem yang digunakan di smartphone 5G pertama

Baik modem Qualcomm dan Samsung mendukung mmWave, versi 5G yang beroperasi pada pita frekuensi yang lebih tinggi (mulai dari 24 GHz). Itu dapat membawa lebih banyak data, tetapi mengalami masalah penerimaan karena dapat diblokir bahkan oleh pohon. Rasa 5G Sub-6 GHz (dinamai untuk band tempat ia beroperasi) memiliki propagasi yang jauh lebih baik, tetapi “hanya” 2-3 kali lebih cepat daripada 4G.

BACA JUGA :  Pentingnya inovasi digital dalam bisnis

Sebagai perbandingan, modem Snapdragon X50 memiliki kecepatan puncak teoritis turun 7,5 Gbps, naik 3,5 Gbps, sedangkan modem X24 LTE yang diluncurkan bersamaan dengan unduhan 2 Gbps. mmWave telah menjadi lebih tinggi sejak itu, X65 adalah modem 5G 10 Gbps pertama di dunia, tetapi itu adalah cerita untuk lain waktu.

Tentu saja, ini adalah kecepatan teoretis, hasil kehidupan nyata lebih rendah. Namun, dalam kondisi ideal, SK Telecom Korea mencapai 2,63 Gbps menggunakan Galaxy S10 5G. Meskipun itu tidak semuanya 5G – hanya 1,5 Gbps yang ditransfer melalui 5G, yang digabungkan ponsel dengan 1,15 Gbps melalui tautan LTE-nya. Namun, SK mendapatkan judul utama: smartphone terbaru dan terhebat dapat mengunduh film lengkap hanya dalam 6 detik.

Flashback: melihat kembali smartphone 5G pertama

Sebelum kami menyelesaikan ini, kami harus menyebutkan ponsel berkemampuan 5G yang diluncurkan pada 2018 (sebelum S10 5G dan yang lainnya). Kenapa itu bukan ponsel 5G pertama? Nah, Motorola mendorong add-on MotoMod dan membuat heboh dengan pengumuman Moto Z3.

Flashback: melihat kembali smartphone 5G pertama

Ini meluncurkan mod 5G yang akan memberikan konektivitas generasi berikutnya pada ponsel 4G saja. Masalahnya adalah butuh waktu hingga 11 April untuk mod 5G untuk mencapai toko (ini bukan pertama kalinya desain telepon modular gagal). Jadi, Moto Z3 gagal menjadi ponsel 5G pertama dalam beberapa hari. Itu masih waktu yang tepat untuk peluncuran – Verizon menyalakan jaringan 5G di Minneapolis dan kota asal Motorola di Chicago pada hari yang sama.



Terimakasih sudah membaca artikel Flashback: melihat kembali smartphone 5G pertama

dari SatuPos.com

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *