Memahami Chipset dan Fungsinya di Ponsel Android & iPhone

by -3 views
pengertian chipset - SatuPos.com


Apa itu chipset? Chipset merupakan komponen penting dari sebuah smartphone. Istilah chipset mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda pengguna ponsel Android dan iPhone. Komponen penting ini menjadi salah satu faktor penting untuk menilai seberapa cepat kinerja smartphone. Cepat tidaknya kinerja ponsel tidak bergantung pada besaran clock speed (biasanya disebut dalam satuan GHz) atau jumlah core.

Apa itu Chipset?

Chipset merupakan komponen penting yang terdiri dari beberapa chip mikro yang tugasnya mengatur perintah dan menjalankan fungsi smartphone. Chipset berfungsi sebagai jembatan antara software dan hardware agar ponsel berfungsi sesuai keinginan. Ini berisi CPU dan GPU. CPU berfungsi untuk mengatur perintah dari perangkat lunak agar dapat dieksekusi oleh perangkat keras. Sedangkan GPU berfungsi untuk mengatur tugas-tugas yang berhubungan dengan gambar grafis.

definisi chipset

Fungsi Chipset pada Smartphone

Chipset berfungsi untuk mengatur kerja setiap aplikasi dan komponen yang ada di dalam ponsel. Fungsinya sama dengan prosesor atau CPU (Central Processing Unit) pada PC. Chipset biasanya disebut sebagai SoC atau System on Chip.

Fungsi chipset pada smartphone lebih dari sekedar CPU pada komputer. Pada komputer, CPU hanya bertugas mengendalikan memori, grafik, suara, dan fungsi komputasi. Sedangkan pada smartphone, fungsi chipset adalah untuk mengatur berbagai tugas, seperti: mengontrol prosesor (CPU), memproses grafik melalui GPU, mengontrol memori, mengelola fungsi port, mengelola manajemen baterai, mengelola berbagai sensor, dan mengelola konektivitas jaringan WiFi. , 3G, 4G LTE, 5G, dan seterusnya.

fungsi chipset

Karena memiliki tugas yang lebih banyak, chipset smartphone memiliki lebih banyak inti (core) daripada prosesor CPU di komputer. Saat ini kebanyakan prosesor ponsel dilengkapi dengan 8 core, lebih banyak dari prosesor PC atau komputer yang biasanya hanya memiliki 4 atau 6 core.

Cara Kerja Chipset di Ponsel Android dan iPhone

Cara kerja chipset sangat kompleks, mirip dengan otak manusia. Di dalam chipset terdapat banyak komponen. Contohnya pada Snapdragon 675 terbaru. Di dalam chipset ini terdapat :

Loading...
  • Kryo 8 core CPU dengan kecepatan clock hingga 2.0 GHz
  • Komponen mesin AI (Kecerdasan Buatan), Qualcomm merancang kecerdasan buatan
  • Modem Snapdragon X12 yang mendukung 4G LTE
  • Komponen audio aqstic dan aptX dari Qualcomm
  • Menampilkan komponen pendukung, mendukung hingga layar resolusi Full HD+
  • GPU Adreno generasi ke-6, berfungsi untuk mengatur grafis agar gaming lebih lancar smoother
  • DSP Hexagon generasi ke-6 yang berfungsi untuk mengatur sensor suara, video, suhu, tekanan dan posisi ponsel
  • Qualcomm Spectra ISP, Image Signal Processor berfungsi untuk mengatur fungsi kamera dan memproses gambar yang ditangkap oleh kamera
  • Komponen charging, untuk mengolah sumber daya baterai, mengatur efisiensi energi, dan mempercepat proses pengisian ulang baterai.

chipset snapdragon terbaru

Semua komponen ini bekerja secara bersamaan dan dikelola oleh CPU. Peran CPU sangat vital karena akan menentukan seberapa lancar kinerja ponsel. Selain itu, fungsi CPU juga untuk memastikan bahwa setiap fitur berjalan sebagaimana mestinya.

Komponen dan Fungsi

Secara umum komponen chipset pada ponsel Android dan iPhone terdiri dari:

  • CPU, fungsinya untuk mengatur semua komponen di bawahnya. Peran CPU menentukan seberapa cepat kinerja ponsel secara keseluruhan. Semakin cepat dan efisien CPU, semakin tinggi kinerja Android atau iPhone Anda
  • GPU, berfungsi untuk memproses perintah dan menerjemahkannya dalam bentuk grafik. Komponen GPU terintegrasi langsung untuk konsumsi daya yang lebih efisien. GPU menentukan seberapa bagus kualitas visual yang Anda lihat saat bermain game.
  • DSP, fungsi DSP pada chipset adalah menerjemahkan informasi berupa suara, video, suhu, posisi ponsel, putaran, hingga sudut kemiringan yang didapat dari sensor. DSP memastikan bahwa aplikasi atau fitur yang memerlukan data dari sensor berjalan dengan baik
  • ISP, bertindak sebagai sensor gambar pada smartphone. Fungsinya kurang lebih sama dengan sensor gambar pada kamera digital
  • Modem, mendukung jaringan data WiFi, GSM dan GPRS atau 4G LTE, memungkinkan smartphone terhubung ke internet melalui layanan penyedia Kartu SIM.
  • Penyimpanan, sesuaikan kinerja memori RAM dan memori penyimpanan internal sehingga dapat digunakan untuk menampung data aplikasi
  • Menampilkan, memungkinkan informasi gambar ditampilkan dengan benar sesuai dengan resolusi layar
  • audio, berperan penting dalam mengelola informasi suara agar audio yang dikeluarkan oleh smartphone terdengar sempurna.

Merek Chipset Terbaik di Dunia

Saat ini ada 2 merek chipset yang paling banyak digunakan di dunia yaitu Mediatek dan Snapdragon. Soal perbandingan performa dan harga, kamu bisa cek artikel Mediatek vs Snapdragon. Keduanya memiliki banyak pilihan model dan tipe. Misalnya, Mediatek memiliki prosesor Helio G Series untuk ponsel gaming dan seri Helio P untuk ponsel kelas menengah. Sementara itu, Snapdragon memiliki model yang lebih banyak, mulai dari seri 400 untuk ponsel low-end, seri 600 untuk kelas menengah, seri 700 untuk gaming, dan seri 800 untuk ponsel flagship.

chipset mediatek terbaru

Selain Mediatek dan Snapdragon, merek chipset yang paling banyak digunakan adalah Exynos buatan Samsung, Kirin buatan Huawei, dan Apple A Series yang hanya tersedia di iPhone, serta Spreadtrum Unisoc yang banyak digunakan oleh ponsel lokal Indonesia seperti Advan.



Terimakasih sudah membaca artikel Memahami Chipset dan Fungsinya di Ponsel Android & iPhone

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *