Menkominfo: Tidak ada ruang bagi penoda agama

by -0 views
menkominfo johnny 2 - SatuPos.com



menkominfo johnny 2 - SatuPos.com

Jakarta (Satupos) – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menegaskan tidak ada tempat bagi penistaan ​​atau tindakan penistaan ​​agama di Indonesia.

“Seharusnya tidak ada ruang dan tempat bagi penoda agama di Indonesia, oleh siapapun,” kata Johnny menjawab pertanyaan anggota Komisi I DPR RI, saat rapat membahas rencana kerja dan anggaran Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rabu.

Baru-baru ini, penegak hukum menindak seorang kreator konten YouTube bernama Muhammad Kece yang menghina Islam. Johnny menyebutkan, ada 150 konten yang dibuat oleh pelaku, dari total 211 yang diajukan.

“Semua kita lakukan, tapi tidak bisa langsung karena sebagian masih dalam tahap penelitian,” kata Johnny.

Baca juga: Alasan PTM Terbatas Harus Segera Dilaksanakan

Dalam menghapus konten, Kominfo berkoordinasi dengan penyelenggara platform digital. Konten tidak dapat langsung dihapus karena platform media sosial seringkali harus berkonsultasi dengan penasihat di Indonesia sebelum mengambil keputusan.

“Kami mengimbau para advisor atau konsultan platform digital di Indonesia untuk mengambil langkah cepat dalam memberikan rekomendasi kepada platform agar penurunan konten bisa lebih cepat,” kata Johnny.

Johnny menilai literasi digital sangat penting agar masyarakat secara sadar memanfaatkan ruang digital sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku.

“Patroli siber dan pemutusan akses terus dilakukan untuk konten SARA (penghinaan), termasuk penistaan ​​agama,” kata Johnny.

Loading...

Sejak Agustus 2018 hingga 21 September 2021, Kominfo memutus akses ke 2.624.750 konten negatif, dengan rincian 1.536.346 dari situs web dan 1.088.404 dari media sosial.

Berdasarkan temuan Kominfo, terdapat 188 konten yang memuat konten suku, agama, ras, dan antargolongan di situs internet.

Konten yang paling banyak diblokir Kominfo adalah pornografi yaitu 1.096.395 konten, kemudian perjudian dengan 413.954 konten yang berasal dari website.

BACA JUGA :  Sunghoon ENHYPEN Tidak Berencana Debut Sebagai Idol K-Pop Saat Masih Trainee—Ini Alasan Dia Berubah Pikiran : Berita K-Pop

Baca juga: Menkominfo: DPD Berperan Penting Percepat Transformasi Digital Daerah

Baca juga: Pemerintah Optimalkan Produktivitas Ekonomi Digital

Baca juga: Menkominfo: Pemerintah terus gencarkan penyaluran KUR untuk dorong UMKM

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosario Dwi Putri
HAK CIPTA © Satupos 2021



Terimakasih sudah membaca artikel Menkominfo: Tidak ada ruang bagi penoda agama

dari SatuPos.com

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *