Pastikan Stok Vaksin Aman, Dirjen IKP: Program Vaksinasi Jangan Kendur

by -1 views
IKP 3 1 - SatuPos.com



IKP 3 1 - SatuPos.com

Jakarta (Satupos) – Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Usman Kansong mengatakan ketersediaan vaksin di Indonesia saat ini aman sehingga program percepatan vaksinasi tidak boleh kendor.

Dia juga mengatakan pemerintah sekarang mengejar target vaksinasi hingga 70 persen pada akhir 2021.

“Upaya pengendalian pandemi dan membangun imunitas masyarakat harus terus dipercepat. Oleh karena itu, pemerintah mengajak seluruh masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi, tidak perlu pilih-pilih vaksin karena semua vaksin aman dan berkhasiat,” kata Usman dalam jumpa pers. rilis, Kamis.

Pada Kamis, Indonesia kembali menerima kedatangan empat tahap vaksin, yaitu tahap 74, 75, 76, dan 77, dengan total 3,4 juta dosis.

Tahap 74 adalah 310.000 dosis vaksin buatan Pfizer yang diperoleh melalui pembelian langsung, sedangkan tahap 75 adalah 871.650 dosis vaksin buatan Pfizer, sumbangan dari Pemerintah AS melalui mekanisme COVAX.

Selanjutnya, tahap 76 adalah 1.236.480 dosis vaksin yang dibuat menjadi AstraZeneca, sumbangan dari Pemerintah Prancis menggunakan sistem Fasilitas COVAX, sedangkan tahap 77 berupa 986.310 dosis vaksin untuk Pfizer yang diterima Indonesia melalui pembelian langsung.

Usman mengatakan, dengan datangnya empat tahap vaksin tersebut, total vaksin yang diterima Indonesia sejauh ini adalah 271,6 juta dosis, baik dalam bentuk standar maupun dalam bentuk standar. (dalam jumlah besar) serta vaksin.

Ia juga mengatakan, pemerintah akan terus mengoptimalkan diplomasi antar negara dengan kerja sama bilateral dan multilateral dalam upaya penyediaan vaksin bagi masyarakat Indonesia.

“Kedatangan vaksin ini merupakan wujud keberhasilan upaya diplomasi pemerintah Indonesia yang akan terus ditingkatkan dan dioptimalkan,” ujarnya.

Loading...

Terkait pendistribusian vaksin, Usman menegaskan, pemerintah juga mendorong elemen-elemen di daerah, terutama yang capaian vaksinasinya rendah, untuk mempercepat dan memperluas program vaksinasi.

BACA JUGA :  Kebocoran video perakitan Google Pixel 6 Pro

Usman juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, khususnya memakai masker, sebagai bagian dari adaptasi kebiasaan baru dalam hidup berdampingan dengan COVID-19.

“Pujian dari berbagai pihak menunjukkan bahwa Indonesia telah mengambil langkah yang tepat dalam pengendalian COVID-19. Hal ini perlu lebih ditingkatkan dan dioptimalkan, dengan dukungan dan partisipasi seluruh elemen bangsa. Karena seperti diketahui, pandemi adalah bencana makro yang penanganannya tidak akan berhasil jika kita bekerja secara parsial,” pungkas Usman Kansong.

Baca juga: Kominfo Alokasikan Bandwidth 11 Gbps untuk Amankan Internet PON Papua

Baca juga: Infrastruktur TIK untuk PON Papua Sudah Siap

Baca juga: Kominfo Rencanakan RKA 2022 Perkuat Infrastruktur TIK

Reporter: Suci Nurhaliza
Redaktur: Alviansyah Pasaribu
HAK CIPTA © Satupos 2021



Terimakasih sudah membaca artikel Pastikan Stok Vaksin Aman, Dirjen IKP: Program Vaksinasi Jangan Kendur

dari SatuPos.com

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *