Pemerintah mendukung kesetaraan gender di dunia digital

by -3 views
g23 - SatuPos.com



g23 - SatuPos.com

Jakarta (Satupos) – Pakar Komunikasi dan Media Massa Kementerian Komunikasi dan Informatika Devie Rahmawati mengatakan pemerintah dan Kominfo mendukung dan memastikan kesetaraan gender digital melalui pendekatan infrastruktur dan sumber daya manusia.

“Presiden Jokowi sangat serius untuk memastikan bahwa praktik dan perjuangan kesetaraan gender mulai menunjukkan titik terang di negeri ini, tidak hanya dalam hal konseptual tetapi juga dalam langkah-langkah konkrit,” kata Devie dalam seminar nasional bertema “Peran Sipil Ormas dalam Mendorong Kesetaraan Gender dalam Demokrasi Indonesia di Indonesia.” Era Digital” pada hari Senin.

Terkait infrastruktur, Kementerian Komunikasi dan Informatika sedang membangun penyediaan stasiun pemancar berbasis (BTS) dengan target total 9.586 BTS akan dibangun dan beroperasi hingga 2024. Tahun ini, total akan dibangun 4.200 BTS baru dan 3.704 BTS baru pada 2022.

“Diharapkan pada tahun 2022, ‘signal toll road’ sudah terwujud sehingga modal utama untuk bisa mendapatkan akses manfaat digital bisa langsung dirasakan dari Sabang sampai Merauke,” ujar Devie.

Selain itu, Kominfo memiliki program untuk memastikan kualitas sumber daya manusia Indonesia menjadi lebih berkemampuan digital, baik perempuan maupun laki-laki.

“Orang yang disebut mampu secara digital harus memiliki empat kemampuan. Salah satunya dia harus terampil dan memiliki keahlian dasar,” kata Devie.

Selain itu, pengetahuan tentang keamanan digital juga diperlukan, terutama bagi perempuan yang merupakan kelompok rentan. Pengetahuan ini mencakup bagaimana seseorang dapat melindungi diri sendiri di ruang digital.

Baca juga: Kominfo dorong kolaborasi dengan masyarakat untuk berpartisipasi dalam literasi digital

Kemudian keterampilan etika digital dan yang keempat adalah budaya digital, seperti yang dijelaskan oleh Devie.

“Empat paket percakapan digital ini tidak bisa tiba-tiba dikuasai oleh masyarakat Indonesia, khususnya perempuan, jika tidak ada proses transfer ilmu,” lanjutnya.

BACA JUGA :  Inovasi Layanan Terus Berlanjut, Mandiri Perkenalkan Program Loyalty Livin' Poin -

Oleh karena itu, Devie mengatakan Kominfo memiliki dua pendekatan yaitu formal dan nonformal dalam rangka peningkatan kualitas SDM di bidang digital.

Loading...

“Pendekatan nonformal, tahun ini kami diinstruksikan oleh presiden untuk memastikan setidaknya 12 hingga 15 juta orang Indonesia melek digital, terutama bagi perempuan,” katanya.

Devie percaya bahwa perempuan adalah episentrum keluarga sehingga ketika mereka berdaya dan mampu secara digital, anggota keluarga lainnya juga akan terekspos.

“Perempuan memiliki kedermawanan dan keluasan energi untuk bisa berbagi ilmu. Oleh karena itu, dalam konteks non formal, Kominfo menggelar 400 hingga 500 webinar hampir setiap hari untuk memastikan bahwa masyarakat Indonesia, khususnya perempuan, mampu secara digital atau setidaknya memiliki empat pengetahuan dasar yang disebutkan sebelumnya,” katanya.

Devie menegaskan yang terpenting bukan hanya kolaborasi antar pihak tetapi juga “collaboration-action”, yakni diperlukan langkah nyata untuk mewujudkan kesetaraan gender digital melalui program-program yang diupayakan Kominfo. Ia juga menyebutkan bahwa kehadiran organisasi masyarakat sipil (CSO) bisa menjadi mitra “collaborative-action” yang sangat strategis bagi pemerintah.

“Kami juga percaya bahwa CSO juga memiliki peran penting untuk kesetaraan gender digital, seperti membantu pemerintah untuk terus mengingatkan target apa yang kurang, misalnya target pelatihan atau target untuk daerah yang belum terpapar infrastruktur,” pungkasnya.

Baca juga: INFID: OMS Berperan Penting Atasi Ketimpangan Gender Digital

Baca juga: Literasi digital menjadi tantangan utama dalam mendorong UMKM untuk maju ke kelas

Baca juga: Literasi Digital sebagai langkah mitigasi hoaks dan disinformasi

Reporter: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosario Dwi Putri
HAK CIPTA © Satupos 2021



Terimakasih sudah membaca artikel Pemerintah mendukung kesetaraan gender di dunia digital

BACA JUGA :  Gorilla Glass DX dan DX+ Kini Hadir untuk Melindungi Lensa Kamera Ponsel Kamera

dari SatuPos.com

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *