Tingkatkan jumlah turnamen besar sehingga atlet e-sports wanita akan tumbuh

by -1 views
antarafoto ekshibisi esports pon papua 210921 ith 5 - SatuPos.com



antarafoto ekshibisi esports pon papua 210921 ith 5 - SatuPos.com

Jakarta (Satupos) – Perkembangan atlet e-sports putri semakin menjanjikan, namun ekosistemnya perlu ditingkatkan agar semakin banyak remaja putri yang menjadi pemain profesional, salah satunya dengan menggelar turnamen besar.

Baca juga: PUBG Mobile Masuk Nominasi Esports Awards

Pemain profesional e-sport wanita tumbuh, tapi masih ada celah. Pemain profesional pria jauh lebih pro, stamina lebih tinggi, hadiah (turnamen) juga lebih tinggi,” kata Ketua Umum Asosiasi Perizinan Indonesia (ASENSI) Susanty Widjaya dalam konferensi pers online, Jumat.

Melihat potensi pemain wanita di dunia e-sports yang kualitasnya bisa terus ditingkatkan, Susanty mengatakan hal ini mendorong terciptanya turnamen Wonderful Indonesia Srikandi Championship 2021: Mobile Legends Series 2021, kejuaraan Mobile Legends nasional untuk pemain wanita. Turnamen ini diselenggarakan oleh ASENSI bersama Dyandra Promosindo.

Susanty mengatakan hal ini merupakan komitmen terhadap industri esports Indonesia melalui turnamen esports yang diadakan khusus untuk perempuan. Menurutnya, turnamen e-sport yang lebih berkualitas dan bergengsi sangat dibutuhkan bagi perempuan yang bergelut di dunia e-sports. Biasanya turnamen e-sport yang diikuti wanita tidak semegah turnamen pria. Melalui ajang ini, Susanty ingin memberikan turnamen yang tak kalah megah dan bergengsi bagi para pemain putri.

“Semoga turnamen Wonderful Indonesia Srikandi Championship: Mobile Legends Series 2021 2021 dapat mengangkat status perempuan sehingga ada kesetaraan gender dalam e-sports,” kata Susanty.

Babak kualifikasi WISC telah dimulai pada 27 – 30 September 2021 dimana babak semifinal dan final akan berlangsung pada 31 Oktober 2021. Para pemain memperebutkan total hadiah sebesar Rp. 120 juta dan piala yang terinspirasi dari panah dan busur Srikandi.

Baca juga: Alchemy Stars Indonesia Resmi Dirilis, Raih 500 Ribu Pendaftar

Butuh regenerasi

BACA JUGA :  Flashback: HTC One (M8) memiliki dua kamera dan dua OS

Project Manager ASENSI, Aloysius Adrian mengatakan, khusus untuk turnamen Mobile Legends, sudah banyak atlet wanita yang terlibat dalam satu tahun terakhir. Beberapa pemain wanita di e-sports masih membentuk tim sendiri tanpa diakomodasi oleh organisasi. Mereka membentuk tim sendiri untuk mengikuti turnamen tersebut. Namun, tahun ini semakin banyak organisasi e-sport dari amatir hingga profesional di tanah air juga aktif membentuk tim pemain wanita karena turnamen untuk wanita bermunculan.

Loading...

“Tapi regenerasi pemain masih kurang karena booming hanya dalam 1-2 tahun terakhir, berbeda dengan turnamen untuk pemain pria yang jauh lebih sering,” kata Aloysius.

Antusiasme para pemain juga terasa dari negara tetangga. Dikatakannya, pada babak kualifikasi ada tim dari Malaysia yang mendaftar untuk bertanding.

Susanty berharap ke depan skala turnamen bisa lebih luas dan diikuti oleh pemain dari berbagai negara. Penyelenggaraan turnamen e-sport juga dapat berkontribusi pada pariwisata Indonesia jika berlokasi di lima Destinasi Super Prioritas, yaitu Danau Toba, Likupang, Mandalika, Borobudur, dan Labuan Bajo.

“Tahun 2022 diharapkan bisa menyelenggarakan level lebih lanjut, semoga bisa diadakan di 5 Destinasi Super Prioritas, jadi (pemain) dari luar Indonesia bisa datang ke sini,” katanya seraya menambahkan ada rencana permainan Populer lainnya akan diperebutkan.

Susanty menambahkan, pemerintah diharapkan lebih mendukung ekosistem e-sports, terutama terkait perizinan.

Baca juga: PB ESI Juara Liga Esports Nasional

Baca juga: PUBG Kolaborasi dengan KartRider Rush+ Hadirkan Item Unik

Baca Juga: Yamisok Gelar Turnamen E-Sports Berhadiah 500 Jutaan

Reporter: Nanien Yuniar
Redaktur: Ida Nurcahyani
HAK CIPTA © Satupos 2021



Terimakasih sudah membaca artikel Tingkatkan jumlah turnamen besar sehingga atlet e-sports wanita akan tumbuh

BACA JUGA :  Harga Mulai 1,9 Jutaan, Redmi 10 Andalkan Kamera 50 MP dan Layar 90Hz

dari SatuPos.com

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *