Vivo X50 Pro, ponsel gimbal dengan konfigurasi lensa solid

by -1 views
DSC02480 - SatuPos.com


Jakarta (Satupos) – Vivo akhirnya memenuhi janjinya untuk menghadirkan ponsel flagship di Indonesia dengan hadirnya Seri X50, yakni X50 dan X50 Pro.

Vivo X50 Pro merupakan flagship pertama dari pabrikan ponsel China di Indonesia. Perangkat ini mengusung teknologi kamera gimbal stabilisasi yang menjadi fitur andalan.

Tak hanya itu, Vivo X50 Pro juga hadir dengan teknologi hyper zoom 60x. Sementara dari segi desain, perangkat ini mengusung tampilan baru bernama X Class Design, dengan layar melengkung 55 derajat.

Selain kamera dan desain, ponsel ini juga membawa pembaruan dalam hal kinerja dengan kemampuan pengisian cepat 33W. Berikut ulasan Satupos untuk Vivo X50 Pro.

DSC02479 - SatuPos.com
Vivo X50 Pro (Satupos/Arindra Meodia)

Desain

Mengusung Desain Kelas X, Vivo X50 Pro memiliki tampilan yang menggoda dengan layar melengkung 3D Curved 55 derajat yang membuat perangkat terlihat mewah.

Layar E3 AMOLED 6,56 inci juga mengusung desain Ultra O Screen dengan layar penuh – hanya ada satu lubang yang menjadi tempat kamera depan – membuat tampilan lebih lapang.

Tak hanya itu, layar yang telah dilindungi oleh screen guard juga mendukung refresh rate 90Hz yang meningkatkan pengalaman saat bermain game.

DSC02505 - SatuPos.com
Tampak depan Vivo X50 Pro (Satupos/Arindra Meodia)
DSC02501 - SatuPos.com
Tampak belakang Vivo X50 Pro (Satupos/Arindra Meodia)

Beranjak ke bagian belakang, tampilan XPro juga terasa sangat premium, dengan warna Alpha Grey menambah kesan elegan.

Bagian belakangnya bisa dibilang minimalis, dengan logo “vivo” di pojok kiri bawah, dan jagoan utama ponsel ini, yakni quad-camera dengan lensa utama gimbal stabilization dan LED flash, di pojok kiri atas.

Hadir dengan desain ramping dengan ketebalan 8.04mm dan berat 180 gram, X50 Pro terasa ringan dan nyaman digenggam.

Ponsel ini hanya memiliki tombol di sisi kiri — kontrol volume dan on/off. Sedangkan slot untuk sim card, USB Type-C yang mendukung fast charging, dan speaker berada di bagian bawah.

Baca Juga: Resmi Diluncurkan, Ini Spesifikasi Vivo X50 dan X50 Pro

Baca juga: Seri Vivo X50 Resmi Diluncurkan, Ini Harganya

Perangkat lunak

Vivo X50 Pro dibekali dengan sistem operasi Android 10 yang dipasangkan dengan layar FuntouchOS 10.5. Launcher bawaan Vivo ini terbilang sederhana tanpa banyak variasi yang biasanya membebani kinerja RAM. Mengganti layar terasa cepat.

Antarmuka Vivo terbaru ini juga menghadirkan tampilan dengan cita rasa yang berbeda dari ponsel Vivo sebelumnya, yakni dengan ikon bulat yang terlihat lebih dinamis.

Saat Anda menggeser layar ke bawah, Anda akan melihat pemberitahuan dan akses cepat ke pengaturan, yang ketika ditarik lagi akan menampilkan mode yang lebih mudah diakses. Sementara itu, ketika Anda menggesek layar ke atas, semua aplikasi di ponsel Anda akan muncul dalam urutan abjad.

IMG 5703 - SatuPos.com
Antarmuka FuntouchOS 10.5 di Vivo X50 Pro (Satupos/Arindra Meodia)

FountouchOS 10.5 menghadirkan beberapa aplikasi pra-instal, salah satunya adalah iManager untuk mengelola ruang penyimpanan dan memantau data. Aplikasi ini menghadirkan fitur Space Clean Up untuk membersihkan sampah dan cache dengan cepat dan Security Detection untuk perlindungan virus.

Peluncur bawaan Vivo X50 Pro juga memungkinkan untuk menyimpan dan berbagi data dengan aman melalui fitur Data Backup dan EasyShare. Fitur Data Backup dapat memanfaatkan aplikasi vivoCloud yang sudah terinstall untuk menyimpan kontak, sms, note dan bookmark di browser.

Untuk fitur EasyShare, FuntouchOS 10.5 juga telah menghadirkan aplikasi dengan nama yang sama yang memungkinkan untuk berbagi file ke Android lain dan dapat digunakan untuk mentransfer data ke ponsel baru atau disebut fitur Phone Clone.

Selain itu, launcher bawaan Vivo X50 Pro juga memiliki aplikasi Kids Mode yang dapat membatasi waktu anak menggunakan ponsel untuk mencegah kecanduan gadget pada anak.

Baca juga: Tiga Ponsel China yang Akan Dirilis Minggu Depan

Baca juga: Alasan Vivo Berani Hadirkan Ponsel Flagship Seri X50 di Masa Pandemi

Perbaikan lain yang dibawa oleh FountouchOS 10.5 adalah fitur Battery Management untuk mengatur daya ponsel dalam mode normal, mode low power dan mode super power saving, serta fitur Phone Cooling untuk meredam panas dari smartphone.

Loading...

Perangkat keras

Vivo X50 Pro ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 765G yang diperkenalkan pada akhir 2019.

Chipset dari perusahaan AS ini dirancang untuk memperluas penggunaan 5G pada tahun 2020, sambil dilengkapi dengan pengalaman AI dan Snapdragon Elite Gaming.

Performa X50 Pro juga didukung oleh RAM 8GB dan ROM 256GB. Untuk pengujian performa, Satupos menggunakan aplikasi PC Mark for Android versi 2.3.3716 dan Geekbench versi 5.2.0.

Hasil tes PC Mark menunjukkan skor 8803, sedangkan berdasarkan pengujian Geekbench performa ponsel ini diberi skor 611 untuk single-core dan 1847 untuk multi-core. Dari rangking skor pada kedua aplikasi tersebut, Vivo X50 Pro disandingkan dengan Google Pixel 3, Realme 6i dan Xiaomi Pocophone F1.

Sebagai informasi, aplikasi benchmark PC Mark mengukur performa smartphone melalui pengujian berdasarkan aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan pengguna, seperti mengetik, browsing internet atau mengedit video. Sementara itu, Geekbench menguji kinerja CPU.

IMG 5705 - SatuPos.com
Hasil uji performa pada aplikasi PC Mark (kiri) dan Geekbench (kanan) untuk Vivo X50 Pro. (Satupos/Arindra Media)

Dibekali baterai 4315mAh, X50 Pro cukup memenuhi kebutuhan penggunaan sehari-hari. Namun, penggunaan yang intensif untuk panggilan video atau menonton video streaming membuat perangkat memanas dan mengalami penurunan daya yang cukup cepat.

Meski begitu, X50 Pro didukung oleh teknologi pengisian cepat Vivo FlashCharge 2.0 33W. Dari pengalaman Satupos, adaptor mampu mengisi daya perangkat hingga 100 persen hanya dalam waktu 75 menit.

Kamera

Vivo X50 Pro dilengkapi dengan konfigurasi empat kamera dengan lensa utama 48MP yang dilengkapi dengan sensor IMX598 dan teknologi stabilisasi gimbal, yang memiliki dudukan suspensi struktur bola ganda, sistem motor loop tertutup, lensa 7P dan f/1.6 besar. bukaan.

Sedangkan tiga lensa lainnya adalah lensa potret 13MP dengan fokus standar 50mm, lensa sudut lebar 120 derajat dan lensa makro 2,5cm fokus dekat 8MP, serta lensa periskop telefoto 8MP dengan aperture f/3.4, 5x Optical Zoom dan 60x Hyper Zoom.

DSC02490 - SatuPos.com
Kamera belakang vivo X50 Pro. (Satupos/Arindra Media)

Hasil zoom 60x bisa dikatakan luar biasa. Perangkat ini dapat memperbesar gambar dengan sangat detail. Kamera X50 Pro bahkan bisa menangkap plang dari lantai 20 gedung Wisma Satupos.

IMG 20200707 193937 - SatuPos.com
Hasil kamera belakang Vivo X50 Pro tanpa zoom. (Satupos/Arindra Media)
IMG 20200707 194035 - SatuPos.com
Hasil kamera belakang Vivo X50 Pro dengan zoom 5x. (Satupos/Arindra Media)
IMG 20200707 193956 - SatuPos.com
Hasil kamera belakang Vivo X50 Pro dengan zoom 60x. (Satupos/Arindra Media)

Tidak hanya untuk pengambilan jarak jauh, hasil foto untuk lensa sudut lebar dan lensa potret juga sangat bagus. Begitu pula dengan hasil saat memotret di malam hari juga cukup detail.

IMG 20200806 073806 - SatuPos.com
Hasil kamera belakang Vivo X50 Pro saat menggunakan lensa wide-angle. (Satupos/Arindra Media)
b7f5c875 0dc6 4c9b ad95 ad8bba7325d2 - SatuPos.com
Hasil kamera belakang Vivo X50 Pro di malam hari. (Satupos/Arindra Media)
IMG 5708 1 - SatuPos.com
Hasil kamera belakang Vivo X50 Pro saat menggunakan lensa portrait (kanan). (Satupos/Arindra Media)

Untuk perekaman video, X50 Pro memiliki pengaturan yang stabil pada resolusi kamera 4K 60fps. Namun, ketika pengguna merekam video dengan objek bergerak yang lebih intens seperti saat berlari, resolusi dapat diubah hingga 1080p 60fps, dan mode Ultra Stable juga akan diaktifkan secara otomatis pada resolusi ini.

Mode Ultra Stable juga akan memberikan stabilitas saat merekam dengan mengklik ikon “tangan terbuka” di bagian atas jendela layar. Sedangkan untuk selfie, X50 Pro dibekali kamera depan 32MP.

Kesimpulan

Vivo X50 Pro adalah paket yang solid untuk ponsel kamera. Dengan teknologi stabilisasi gimbal serta kemampuan zoom 60x, juga didukung dengan konfigurasi empat lensa, menjadikan perangkat telekomunikasi ini layak dipertimbangkan untuk disejajarkan dengan kamera profesional.

Soal performa, X50 Pro dibekali prosesor terbaru, namun kurang “tenang” untuk kelasnya. Meski begitu, teknologi pengisian cepat menjadi poin plus yang perlu diperhatikan. Dilego dengan harga Rp. 9.999 juta, perangkat ini rekomen buat penyuka fotografi.?

Baca juga: Seri Vivo Y20 Bocor, Baterai 5.000mAh

Baca Juga: Punya Spek dan Harga Mirip, Ini Saingan Oppo Reno 4

Baca juga: Mencoba Ponsel Premium Vivo X50 Pro

Oleh Arindra Media
Redaktur: Alviansyah Pasaribu
HAK CIPTA © Satupos 2020



Terimakasih sudah membaca artikel Vivo X50 Pro, ponsel gimbal dengan konfigurasi lensa solid

dari SatuPos.com

Nilai Kualitas Konten

BACA JUGA :  Kemarin, aplikasi menangani pasien stroke hingga Renault Kiger membuka jalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *