7 Syarat Menjadi Desa Wisata

by -4 views
desa wisata - SatuPos.com


Belakangan ini keberadaan desa wista menjadi warna baru dalam daftar wisata di Indonesia.

bermunculan desa wisata yang siap menjadi pilihan wisatawan dalam menikmati liburan. Ini merupakan kemajuan positif bagi dunia pariwisata. Karena semakin banyaknya destinasi yang bisa dipilih.

Di sisi lain, masyarakat juga menyambut baik keberadaan desa wisata, khususnya masyarakat sekitar. Karena mereka bisa menikmati wisata tanpa harus menempuh jarak yang jauh.

Dari segi ekonomi, masyarakat setuju, karena wisatawan pasti menghabiskan uangnya di sekitar lokasi, yang kemudian ternyata sangat tinggi.

Masalahnya, tidak semua desa memiliki kesempatan untuk menjadi desa wisata. Soalnya, pariwisata membutuhkan beberapa situasi yang membuat sebuah desa cocok dikunjungi orang untuk berwisata.

Lalu, apa saja kondisi Persyaratan umum yang harus dimiliki sebuah desa untuk menjadi desa wisata, berikut beberapa persyaratan yang harus dimiliki sebuah desa untuk menjadi desa wisata:

Loading...
  1. Tentunya harus memiliki objek yang menarik seperti pemandangan alam yang indah, tempat-tempat eksotis, seni budaya yang unik atau budaya masyarakat yang sangat langka. Seperti Desa Panglipuran Bali yang terkenal di seluruh dunia karena penduduknya sangat menjaga tradisi budaya desanya dan juga sangat bersih. Atau daerah yang memiliki potensi kuliner luar biasa seperti Sate Ambal, desa di pinggiran jalur selatan-selatan, Kebumen yang terkenal karena banyak warung sate dengan cita rasa yang khas. Banyak orang mampir ke sana hanya untuk mencicipi sate ayam dengan samba kacang yang dijual di warung ini.
  2. Harus memiliki jalur transportasi yang mudah dijangkau oleh semua orang di desa dan objek tersebut. Tempat wisata yang mudah dijangkau dan kondisi jalan yang baik akan menjadikan suatu objek wisata pilihan bagi wisatawan untuk dikunjungi. Terutama wisata alam desa yang umumnya berupa pegunungan atau tebing dan sungai, biasanya objek seperti ini berada di daerah yang sulit dijangkau. Apakah objek di desa Anda sudah memiliki jalan yang mudah dilalui?
  3. Seluruh warga desa dan pemerintah desa harus mendukung penuh kegiatan wisata ini dan ini tercermin dari sikap mereka saat menyambut wisatawan yang datang ke desanya. Jangan sampai terjadi konflik sosial yang membuat wisatawan tidak nyaman saat menikmati wisata di desa Anda. Hal seperti ini sering terjadi hanya karena sebuah desa tidak ingin desa tetangga menjadi ramai sehingga berusaha untuk menjatuhkannya. Apalagi jika ada beberapa objek di desa yang sama.
  4. Keamanan dan kenyamanan wisatawan jelas menjadi syarat mutlak. Jangan merasa terancam atau khawatir tentang keamanan ini. Pastikan mobil atau motor dan semua barang bawaan wisatawan aman saat kendaraan diparkir dan pastikan tidak ada gangguan sama sekali mengenai keamanan saat menginap di homestay desa kami.
  5. Ketika wisatawan dari luar desa datang, mereka perlu berkomunikasi dengan keluarga, kantor dan sebagainya, jadi pastikan ada toko yang menjual pulsa dan kebutuhan akomodasi lainnya seperti restoran dan toko yang menjual berbagai kebutuhan perjalanan seperti makanan, minuman, termasuk menjual bahan bakar kendaraan.
  6. Iklim yang sejuk dan dingin adalah beberapa situasi yang akan membuat wisatawan betah berlama-lama di desa kita. Untuk itu sebaiknya seluruh warga desa diajak untuk merubah wajah desa menjadi desa yang bersih indah dengan bunga warna warni yang menyejukkan mata. Pepohonan yang rindang dan tanaman yang rimbun adalah beberapa kondisi tempat wisata adalah favorit semua orang.
  7. Jika Anda menyediakan homestay, pastikan homestay tersebut memiliki kamar mandi dan toilet yang bersih dan tidak berbau. Hal ini sangat penting karena bagian ini adalah yang paling sensitif bagi semua orang. Beberapa homestay di Bali menjadi sangat ramai pengunjung karena memiliki toilet dan kamar mandi yang setingkat hotel karena sangat bersih.
BACA JUGA :  Pantai Kesirat, Sajian Sunrise dan Sunset Dikombinasikan dengan Nilai-Nilai Tradisi

Berbagai kondisi di atas adalah detail yang harus dimiliki desa wisata. Jangan salah, hal-hal kecil bisa membuat tempat wisata ramai dikunjungi orang karena setiap orang yang puas dengan sajian wisata yang mereka kunjungi akan memberikan rekomendasi kepada teman, keluarga, dan semua orang yang mereka kenal.

Di sisi lain, hal-hal kecil yang mengecewakan mereka seperti kamar mandi yang kotor, perlakuan buruk dari penduduk lokal akan segera menjadi cerita buruk bagi semua orang dan mereka akan enggan untuk datang ke desa Anda. Namanya juga wisata, jadi segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan wisatawan harus diatur untuk memuaskan mereka.

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah pengunjung yang datang harus mendapatkan perlindungan diri, sehingga apabila terjadi kecelakaan atau kejadian lain yang tidak diinginkan, pengunjung mendapatkan santunan dari perlindungan asuransi yang diberikan oleh pengelola wisata.

Apakah desa wisata Anda sudah memiliki perlindungan asuransi bagi pengunjung wisata? Jika belum, segera daftarkan desa wisata Anda di Amanah Githa.



Terimakasih sudah membaca artikel 7 Syarat Menjadi Desa Wisata

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *