Candi Badut, Bintang Canopus Dari Malang

by -1 views
candi badut - SatuPos.com


Candi Badut merupakan tempat wisata di Malang yang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Bahkan, ini adalah candi tertua di Malang, Jawa Timur.

Keberadaan Candi Badut di Malang merupakan penegasan bahwa Malang tidak hanya tentang wisata alam, dan tempat wisata yang instagramable. Ada juga wisata sejarah yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Sangat penting untuk memberikan berbagai tema pariwisata kepada anak-anak kita, dan salah satu subtema pariwisata adalah destinasi wisata sejarah.

kuil badut
kuil badut. peta google. sumber: Raynardthan Pontoho

Kunjungi juga Lokasi Indah lainnya di Malang.

Anak-anak, atau generasi penerus harus mengetahui, dan memahami sejarah nenek moyang mereka di masa lalu. Dan Candi Badut merupakan salah satu dari sekian banyak gerbang sejarah ke masa lalu.

Dan inilah ulasan tentang Candi Badut di Kabupaten Malang Jawa Timur yang telah kami siapkan untuk anda. Sebagai acuan awal untuk menentukan tempat wisata di Malang.

Lokasi dan Alamat Kuil Badut

Lokasi Kuil Badut berada di dekat Universitas Ma Chung. Alamat Candi Badut ada di Jalan Raya Candi V, NO. 5D, Desa Karangbesuki, Kecamatan Sukun, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Rute ke Kuil Badut

Jalan menuju Candi Badut dapat diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Anda bahkan dapat menggunakan transportasi umum sebagai alternatif.

Jika Anda berangkat dari Alun-Alun Kota Malang, jaraknya hanya sekitar 6 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 20 menit menggunakan kendaraan pribadi (mobil).

Biaya Masuk Kuil Badut

  • Masuk ke Kuil Badut gratis.
  • Pengunjung hanya disarankan untuk memberi dengan ikhlas.
dilengkapi dengan taman yang indah
dilengkapi dengan taman yang indah. peta google. sumber: Ananta Arya

Jam Buka Kuil Badut

  • Dalam kondisi normal, Candi Badut buka mulai pukul 08.00 – 15.00.
  • Candi Badut buka setiap hari.

Menutup atau membuka tempat wisata tergantung tingkat zonasi penyebaran virus Covid-19.

Fasilitas di Candi Badut

Fasilitas wisata di Candi Badut adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Pusat Informasi,
  • Tim kemudi,
  • Kantin yang menjual makanan dan minuman.
ada deskripsi candi badut
ada deskripsi candi badut. peta google. sumber: Dini Thea

Sejarah Singkat Kuil Badut

Candi Badut pertama kali ditemukan pada tahun 1921, oleh seorang pengendali Belanda bernama Maureen Brecher. Candi Badut pertama kali ditemukan di tengah sawah, sebelum akhirnya seperti sekarang ini banyak bangunan lain di sekitarnya.

Adapun sejarah kapan Candi Badut pertama kali dibangun, diduga Candi Badut dibangun pada tahun 760 M, peninggalan Raja Gajayana, Kerajaan Kanjuruhan.

Loading...

Kuil Badut berusia lebih dari 1400 tahun. Sehingga menjadi candi tertua di Jawa Timur. Pemugaran Kuil Badut setelah penemuan pertama, dilakukan pada tahun 1925-1927.

Sejarah Penamaan Kuil Badut

Sejarah penamaan Candi Badut sebenarnya diberikan oleh masyarakat sekitar yang diambil dari bahasa Sansekerta yaitu Bha dyut yang artinya Bintang Canopus.

Filosofi Candi Badut jika dilihat dari namanya yang berarti Canopus Star, adalah menjadi pelita di tengah kegelapan. Karena Canopus Star adalah bintang paling terang kedua, saat malam tiba.

Atraksi Kuil Badut

1. Arsitektur Bangunan

bagian dalam candi
bagian dalam candi. peta google. sumber: Raynardthan Pontoho

Baca juga keunikan Candi Singosari.

Daya tarik pertama dari Candi Badut tentunya adalah keberadaan bangunan candi. Arsitektur Candi Badut terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  • kepala kuil,
  • Tubuh candi, dan
  • Kaki kuil.

Pada beberapa artikel sebelumnya, hal yang sama juga mengenai pembahasan candi. Penulis pernah mengatakan bahwa penentuan lokasi sebuah candi tidaklah sembarangan.

Bahkan penulis sangat yakin bahwa penentuan lokasi sebuah candi mengandung nilai filosofis yang sangat tinggi. Begitu juga dengan lokasi Kuil Badut.

Jika Anda perhatikan lebih dekat, semua sisi dikelilingi oleh pegunungan yang berbeda. Diantara mereka:

  • Di sebelah timur, Gunung Semeru,
  • Di sebelah barat, Gunung Arjuna,
  • Di sebelah utara, Gunung Tengger,
  • Di sebelah selatan, Gunung Kawi.

Penulis sangat yakin, tidak ada proses yang kebetulan dalam menentukan lokasi sebuah candi. Semuanya diperhitungkan dengan matang, termasuk kekuatan bangunan candi. Padahal, banyak candi di Indonesia yang masih berdiri kokoh.

sisa-sisa reruntuhan di sekitar kuil badut
sisa reruntuhan di sekitar candi badut. peta google. sumber: Adil Hakim

2. Daerah Sekitarnya

Daya tarik selanjutnya, di sekitar Candi Badut terdapat area rerumputan hijau, dan pepohonan yang memberikan keteduhan. Di sisi lain, ada juga sisa-sisa reruntuhan batu yang sudah ditata, dan dirapikan.

Tidak jauh dari lokasi Candi Badut, tepatnya di Desa Merjosari, terdapat peninggalan sejarah lainnya yang erat kaitannya dengan Candi Badut. Namanya Prasasti Dinoyo.



Terimakasih sudah membaca artikel Candi Badut, Bintang Canopus Dari Malang

dari SatuPos.com

Nilai Kualitas Konten

BACA JUGA :  Kode Redeem FF Candy Bag FF10617kguf9 Resmi dari Garena, Gratis! -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *