Fakta menarik tentang masyarakat adat di Indonesia

by -2 views
Masyarakat Adat Saga Ende NTT FOTO AMAN - SatuPos.com



Masyarakat Adat Saga Ende NTT FOTO AMAN - SatuPos.com

Jakarta (Satupos) – Indonesia memiliki ribuan masyarakat adat yang tersebar di seluruh nusantara. Mereka tergabung dalam Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) untuk saling terhubung guna mendukung kehidupan yang adil dan makmur bagi seluruh masyarakat adat di Indonesia.

Harapannya, mereka bisa berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi, dan bermartabat secara budaya.

Masyarakat adat memiliki ciri-ciri seperti memegang aturan, nilai, dan legenda yang diturunkan dari generasi ke generasi dengan adat istiadat yang dianutnya.

“Masyarakat Adat adalah sekelompok orang yang memiliki identitas budaya yang sama, serta ikatan batin yang kuat atas ruang geografis tertentu sebagai rumah bersama. Rumah ini telah dikuasai, dijaga, dan dikelola secara turun temurun sebagai tempat tinggal sejak zaman nenek moyang,” kata Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Sosial Budaya AMAN Mina Setra dalam keterangannya, Rabu.

Untuk lebih mengenal masyarakat adat, berikut beberapa fakta menarik yang bisa Anda ketahui untuk membuka wawasan Anda tentang masyarakat adat.

Terbuka untuk turis

Banyak orang beranggapan bahwa kehidupan Masyarakat Adat sangat tertutup dari dunia luar. Mina mengatakan bahwa saat ini hanya sebagian kecil dari mereka yang mengasingkan diri seperti itu. Misalnya Baduy Dalam dan Orang Rimba. Sebagian besar anggota Masyarakat Adat telah berbaur dengan dunia luar. Akibatnya, kehidupan mereka juga terpengaruh oleh dunia luar, termasuk dalam hal pakaian.

“Masyarakat adat adalah komunitas yang dinamis, sangat senang memiliki orang-orang dari luar komunitas. Pada dasarnya, mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Masalahnya adalah para tamu. Tidak semua wisatawan bisa mengapresiasi budaya dan lingkungan,” kata Mina.

Loading...

Blogger Perjalanan Satya Winnie juga berbagi salah satu pengalamannya sebagai wisatawan yang sering mengobrol dengan masyarakat adat, menyebutkan bahwa adat masyarakat adat adalah bersosialisasi, oleh karena itu ketika berkunjung ke desa adat, wisatawan tidak hanya sekedar berfoto tetapi juga mengenal lebih jauh tentang desa adat. masyarakat di desa adat.

BACA JUGA :  8 Kegiatan Ramah Muslim di "Chinatown" Singapura

“Ajak mereka berinteraksi. Kalau mereka tidak bisa bahasa Indonesia atau kita tidak bisa bahasa mereka, saya biasanya menggunakan bahasa tubuh. Mari tinggalkan jejak yang baik,” kata Satya.

Baca juga: Kemendikbudristek Ajak Masyarakat Adat Divaksinasi

Baca juga: K3 Tetapkan Perlindungan bagi 22 Masyarakat Hukum Adat

Baca juga: Wagub: Orang Minang Bangga Puan Pakai Bundo Kanduang

Halaman Berikutnya: Generasi muda penerus tradisional

Oleh Livia Kristianti
Redaktur: Alviansyah Pasaribu
HAK CIPTA © Satupos 2021



Terimakasih sudah membaca artikel Fakta menarik tentang masyarakat adat di Indonesia

dari SatuPos.com

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *