Museum House of Sampoerna, Ududers Harus Mendengarkan

by -0 views
house of sampoerna surabaya - SatuPos.com


Museum House Of Sampoerna bagi yang belum pernah ke tempat tersebut pasti akan mengira bahwa museum tersebut adalah museum rokok PT. HM Sampoerna Tbk.

Ya, itu benar. Namun Museum House Of Sampoerna bukan hanya tentang merokok, masih banyak kegiatan wisata lain yang bisa dilakukan di museum.

rumah sampoerna surabaya
rumah sampoerna surabaya. sumber: houseofsampoerna.museum

Ududers wajib banget tahu tentang Museum House Of Sampoerna. Namun bukan berarti non-perokok tidak perlu tahu, atau tidak perlu datang ke museum.

Bagi yang tidak merokok, Museum House Of Sampoerna mampu memberikan nilai inspirasi. Karena di Museum House Of Sampoerna terdapat sejarah perusahaan Sampoerna dari fase retail, hingga menjadi salah satu perusahaan raksasa di Indonesia.

Di Museum House Of Sampoerna juga terdapat fasilitas wisata yang cocok sebagai tujuan wisata keluarga. Bagaimana bisa? Jika itu pertanyaan Anda, maka simak lebih dekat informasi Museum House Of Sampoerna yang telah kami siapkan untuk Anda.

Khusus untuk ududers, siapkan kopinya, mulai nyalakan ududnya, kemudian kita akan memulai pembahasan yang lebih mendalam tentang Museum House Of Sampoerna Surabaya.

Sejarah Pendiri House Of Sampoerna

Sejarah pendiri House of Sampoerna
Sejarah pendiri House of Sampoerna. peta google. sumber: houseofsampoerna.museum

Terlepas dari pro dan kontra dari dampak negatif rokok, menurut penulis sejarah pendiri PT. HM Sampoerna, yakni Liem Seeng Tee, layak untuk dijadikan film inspiratif. Dia telah membuktikan dari nol, menjadi pahlawan.

Sejarah Museum House Of Sampoerna (HoS) Surabaya dimulai dari sejarah sosok pendirinya dulu. Pada tahun 1898, setelah ibunya meninggal di Fujian, Cina, Liem bersama ayah dan adiknya pindah ke Indonesia.

Perlu diketahui bahwa saat itu, keluarga Liem tergolong keluarga miskin. Tujuan keluarganya pindah ke Indonesia untuk mengubah kondisi ekonominya.

Penderitaan Liem setelah datang ke Indonesia belum berhenti. Ketika Liem berusia 5 tahun, ayahnya meninggal. Pada tahun-tahun sebelumnya ia berpisah dari saudara perempuannya yang diadopsi oleh sebuah keluarga di Singapura.

Setelah itu, Liem Seeng Tee diadopsi oleh sebuah keluarga di Bojonegoro. Ini adalah gerbang awal baginya untuk mengenal tembakau.

Karena ketika dia diadopsi oleh keluarga, Liem diajarkan sepenuhnya tentang tembakau ketika dia dewasa.

Liem belajar meracik tembakau, dan menjadi jajanan dari mobil ke kereta. Pada tahun 1912, Liem kemudian menikah dan membuka toko.

Salah satu yang dijual di warung tersebut adalah racikan khas tembakau. Bahkan ia juga menjualnya dengan berkeliling menggunakan sepeda ontel.

Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Akhirnya pada tahun 1913 Liem berhasil mendirikan perusahaan rokok, dan rokok.

Loading...

Perusahaan pertama Liem Seeng Tee bernama Handel Maastchapij. Kemudian berubah menjadi NV Handel Maastchapij, dan terakhir setelah Perang Dunia II berubah menjadi Hanjaya Mandala Sampoerna atau lebih dikenal dengan PT. HM Sampoerna.

Sejarah Museum House Of Sampoerna

sejarah house of shampooerna surabaya
Sejarah House of Sampoerna Surabaya. sumber: houseofsampoerna.museum

Bangunan yang saat ini menjadi Museum House Of Sampoerna ini pada awalnya adalah sebuah panti asuhan yang dikelola oleh Belanda.

pada tahun 1932, Liem membeli gedung tersebut. Karena pada tahun sebelumnya, tepatnya pada tahun 1912, panti asuhan tersebut pindah.

Tujuan pembelian gedung sebagai tempat produksi rokok. Hingga tahun 1964 sejarah House Of Sampoerna dimulai. Baru pada tanggal 9 Oktober 2003, tempat tersebut menjadi Museum House Of Sampoerna.

Museum House Of Sampoerna Surabaya, adalah cara lain untuk menikmati tembakau, dan rokok. dengan kata lain, itu tidak berarti Anda harus merokok.

Atraksi Museum House Of Sampoerna

1. Arsitektur Bangunan

Daya tarik pertama Museum House Of Sampoerna adalah arsitektur bangunannya yang klasik dan unik. Yang unik terletak pada 4 tiang besar di depan bangunan berupa rokok raksasa produk PT. HM Sampoerna.

2. Benda Bersejarah

replika toko bersejarah
replika toko bersejarah. peta google. sumber: Jeevna Sashidharan

Daya tarik selanjutnya adalah benda-benda bersejarah yang dipajang di museum. Hal-hal tersebut berkaitan erat dengan sejarah perkembangan PT. HM Sampoerna.

Bahkan ada replika toko yang pernah dijadikan tempat berjualan oleh Liem sebelum masa kejayaannya. Tepatnya di ruang depan.

3. Tur

transportasi wisata
transportasi wisata. peta google. sumber: Dave

Di area parkir Museum House Of Sampoerna terdapat bus yang akan mengantar pengunjung berkeliling kota Surabaya. Terutama di sekitar tempat-tempat yang dianggap bersejarah, serta dinarasikan oleh tim pemandu.

4. Berburu Kuliner, Dan Souvenir

Di sudut lain terdapat House Of Sampoerna Cafe yang siap melayani pengunjung yang ingin berburu kuliner. Dan ada spot khusus yang menjual oleh-oleh khas Surabaya.

Lokasi dan Alamat Museum House of Sampoerna

Alamat House of Sampoerna berada di Jalan Sampoerna No. 6, Krembangan Utara, Customs Cantian, Kota Surabaya. Lokasi Museum House Of Sampoerna berada di dekat bekas penjara Kali Angka.

Jarak House of Sampoerna dari Alun – Alun Contong, Surabaya hanya sekitar 5 kilometer. Waktu tempuhnya sekitar 15 menit. Rute tercepat adalah melalui Jalan Bubutan.

salah satu produk yang dipamerkan
salah satu produk yang dipamerkan. peta google. sumber: Sun Yih Teo

Tiket Masuk Museum House of Sampoerna Surabaya

Masuk ke Museum House Of Sampoerna gratis.

Jam Buka Museum House of Sampoerna Surabaya

  • Selama periode PPKM, Museum House Of Sampoerna ditutup sementara.
  • Dalam keadaan normal, Museum House Of Sampoerna buka mulai pukul 09.00 hingga 22.00 WIB, dan buka setiap hari.

Baca: Review Wisata Surabaya North Quay



Terimakasih sudah membaca artikel Museum House of Sampoerna, Ududers Harus Mendengarkan

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

BACA JUGA :  Taman Alam Lumbini, Replika Pagoda Shwedagon Di Tengah Taman Yang Indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *