Pulau Samalona, ​​Hampir Tidak Berombak

by -2 views
pulau samalona - SatuPos.com


Pulau Samalona merupakan salah satu pulau kebanggaan masyarakat Makassar, Sulawesi Selatan yang memiliki panorama alam yang indah, serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang memanjakan pengunjung.

Pulau Samalona sangat cocok sebagai tujuan wisata keluarga di Makassar. Karena di pulau ini ombaknya sangat kecil, hampir tidak ada ombak.

pulau samalona
Pulau Samalona. peta google. sumber: Adhe Saripudin

Selain itu, di sisi lain, Pulau Samalona juga menyuguhkan suasana tempat wisata di Makassar yang romantis dan instagramable, khususnya bagi kaum milenial.

Sebelum melanjutkan informasi tentang Pulau Samalona Makassar, penulis ingin menyampaikan untuk kesekian kalinya mengenai etika berkunjung.

Dari sisi kunjungan wisatawan, sampah selalu menjadi musuh utama tempat wisata dimana-mana, termasuk di Pulau Samalona.

Beberapa kali kegiatan bersih-bersih sampah dilakukan di Pulau Samalona, ​​menandakan masih banyak pengunjung yang belum memiliki kedewasaan untuk menjaga dan membersihkan alam.

Namun di sisi lain, pihak pengelola juga harus menyediakan fasilitas tempat sampah yang banyak. Apalagi jika tempat sampahnya sedikit dimodifikasi secara unik tentu akan menarik bagi pengunjung.

Kunjungan wisatawan ke Pulau Samalona tentunya saat ini sangat dipengaruhi oleh kondisi tingkat zonasi penyebaran Covid-19 di Makassar, dan kebijakan PPKM.

Oleh karena itu, dimanapun, dan dimanapun tempat wisata tersebut berada, pengunjung disarankan untuk mengupdate terlebih dahulu mengenai destinasi wisatanya.

Lokasi dan Alamat Pulau Samalona

Lokasi Pulau Samalona terletak di Selat Makassar. Alamat Pulau Samalona adalah Laelae, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan.

transportasi ke pulau samalona
transportasi ke pulau Samalona. peta google. sumber: Rainer Christi

Cara menuju Pulau Samalona bisa melalui beberapa dermaga. Diantara mereka:

  • Dermaga Popsa, di Ujung Pandang,
  • Dermaga Samalona,
  • dermaga panyua,

Akses menuju Pulau Samalona setelah sampai di dermaga, pengunjung bisa menyewa jasa perahu yang tersedia di sekitar dermaga. Jarak dari setiap dermaga Satupos 30 – 45 menit.

Loading...

Jarak dari pusat Kota Makassar ke Pulau Samalona sekitar 11 kilometer. Kunjungan terbaik ke Pulau Samalona disarankan bukan saat puncak musim hujan bukan?

Harga Tiket Masuk Pulau Samalona

Tiket masuk ke Pulau Samalona hanya dikenakan biaya transportasi perahu. Ada dua jenis persewaan perahu, yaitu:

  • Sewalah full boat sendiri, atau rombongan dari awal kunjungan, hingga akhir. Harganya berkisar Satupos Rp 300.000 – Rp 500.000.
  • Alternatif kedua adalah naik perahu dengan perhitungan tarif per penumpang saja. Jika dari Dermaga Kayu Bangkoa, tarifnya Rp. 25.000 per orang.
tengara pulau samalona
Landmark Pulau Samalona. peta google. sumber: Andi Muhammad Arief Rahmat Syah

Jam Buka Pulau Samalona

  • Dalam kondisi normal, Pulau Samalona buka 24 jam.
  • Pulau Samalona buka setiap hari.

Hal-hal yang mempengaruhi jam operasional (tutup atau buka), yaitu kebijakan pariwisata selama pandemi, dan jika cuaca tidak bersahabat.

Penginapan di Pulau Samalona

Pulau Samalona dilengkapi dengan fasilitas penginapan dengan harga terjangkau.

Fasilitas Di Pulau Samalona

berburu foto
berburu foto. peta google. sumber: Mulyanto Saputra

Fasilitas wisata di Pulau Samalona Makassar cukup lengkap untuk menunjang kenyamanan wisatawan. Diantara mereka:

  • Area parkir di setiap dermaga,
  • ruang bilas,
  • gazebo,
  • Penjual makanan dan minuman,
  • Akomodasi,
  • Penyewaan alat,
  • Kendaraan permainan,
  • Toilet,
  • Penginapan, atau vila.

Atraksi Pulau Samalona

1. Lihat Alam

bermain di air laut yang jernih
bermain di air laut yang jernih. peta google. sumber: dwima lee

Pulau Samalona memiliki luas sekitar 2ha. Namun, dari tahun ke tahun luas Pulau Samalona semakin terkikis. Meski berstatus sebagai pulau kecil, pulau ini dikaruniai jutaan pesona alam yang sangat indah.

Ombak di Pulau Samalona sangat kecil, hampir tidak ada ombak. Air lautnya juga berwarna biru. Dan pada suatu saat, mata kita bisa melihat secara langsung kehidupan di bawah air laut.

Pasir Pulau Samalona adalah pasir putih. Di sekitar pulau ini ditumbuhi pepohonan yang memberikan keteduhan bagi pengunjung.

2. Wahana Wisata

Snorkeling di Pulau Samalona
Snorkeling di Pulau Samalona. peta google. sumber: Aya Ug

Keseruan wisata di Pulau Samalona semakin meningkat dengan hadirnya beberapa wahana wisata. Aktivitas wisata paling populer di Pulau Samalona adalah snorkeling dan jet ski.

Peralatan snorkeling tersedia untuk jasa sewa peralatan di Pulau Samalona, ​​jadi pengunjung tinggal datang, membayar, lalu menikmati sensasi snorkeling di pulau yang indah ini.

Kegiatan wisata Pulau Samalona bisa ditutup dengan menginap di pulau, atau dengan berburu kuliner seafood bakar. Dan jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen indah itu…



Terimakasih sudah membaca artikel Pulau Samalona, ​​Hampir Tidak Berombak

dari SatuPos.com

Nilai Kualitas Konten

BACA JUGA :  Pantai Sadranan, Surga Snorkeling Di Gunung Kidul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *