Pura Luhur Giri Arjuno, Wisata Religi di Kota Batu

by -10 views
Pintu Masuk Menuju Pura - SatuPos.com


Pura Luhur Giri Arjuno merupakan salah satu tempat wisata religi di Kota Batu yang wajib anda kunjungi. Tempat peribadatan umat Hindu ini memiliki alam yang indah karena terletak di lereng Gunung Arjuno.

area candi di atas giri arjuno
area candi di atas giri arjuno. peta google. sumber: Bli Wayan

Baca juga: Keindahan Pesona Malang.

Pura ini merupakan pura terbesar yang dimiliki Kota Batu, dan masih digunakan sebagai tempat peribadatan hingga saat ini. Luas Pura Luhur Giri Arjuno sekitar 6 hektar, terdiri dari beberapa bale bangunan yang digunakan untuk melaksanakan beberapa ritual.

Meski masih berfungsi sebagai tempat pemujaan umat Hindu, bagi anda yang beragama lain bisa berkunjung ke pura dengan menghormati yang sedang beribadah tentunya.

Lokasi & Alamat Pura Luhur Giri Arjuno

Pura Luhur Giri Arjuno terletak di kawasan perkebunan apel yang berada di lereng Gunung Arjuno. Alamat lengkapnya ada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

tidak jauh dari kebun apel
terletak tidak jauh dari kebun apel. peta google. sumber: Ye Rachma

Rute yang bisa ditempuh untuk menuju Pura Luhur Giri Arjuno mudah dijangkau, aksesnya beraspal dengan pemandangan yang sangat indah.

Jika Anda berpindah dari Alun-Alun Kota Batu ke Dusun Junggo, maka lanjutkan ke utara hingga Anda memasuki Desa Tulungrejo.

Jarak yang akan Anda tempuh sekitar 12 km, akses jalan menuju candi cukup menanjak dan berkelok-kelok. Perjalanan Anda berhenti ketika Anda menemukan Pura Luhur Giri Arjuno di sisi kiri jalan.

Jam Buka Pura Luhur Giri Arjuno

Karena merupakan tempat ibadah, maka jam operasional Pura Luhur Giri Arjuno buka setiap hari selama 24 jam non stop.

Tiket Pura Luhur Giri Arjuno

Tiket masuk ke Pura Luhur Giri Arjuno tidak dipungut biaya.

Gerbang masuk candi Giri Arjuno
Pintu masuk ke Candi Giri Arjuno. peta google. sumber: PETUALANGAN CANSABALAS

Fasilitas Pura Luhur Giri Arjuno

Fasilitas di sekitar Pura Luhur Giri Arjuno antara lain:

  • Area parkir kendaraan
  • Warung makanan dan minuman
  • Toilet
  • Akomodasi bagi umat Hindu yang datang dari luar kota

Baca juga Pantai Balekambang yang juga memiliki Pura.

Sejarah Berdirinya Pura Luhur Giri Arjuno

Awal berdirinya Pura Luhur Giri Arjuno dihiasi oleh konflik antara anak muda dengan orang tua dari daerah tersebut. Dimana anak muda menginginkan pembangunan candi dilakukan di sisi utara dekat dengan Jembatan Krecek.

Sedangkan sesepuh ingin di sekitar Padepokan Hyang Sarip yang terletak di atas Kampung Tegal Sari, untuk menghindari konflik berkepanjangan, diambil jalan tengah.

Yakni dengan menghadirkan tokoh spiritual dari Bali, masing-masing kelompok membawa sampel tanah dari lokasi yang direncanakan untuk pembangunan pura.

Setelah melakukan ritual tersebut, akhirnya tokoh spiritual tersebut memilih sebuah tanah yang letaknya dekat dengan Padepokan Hyang Sarip dengan alasan lokasi tersebut memancarkan energi positif.

Loading...
pintu masuk ke kuil
pintu masuk ke kuil. peta google. sumber: iwan toro

Selain itu, warga Hindu di sekitar lokasi percaya bahwa Candi Pawon dimakamkan di sana, yang merupakan candi peninggalan para pejuang Majapahit yang masih misterius.

Berdasarkan cerita yang tersebar, pura ini diusung oleh 80 keluarga yang beragama Hindu Dharma. Dimana sebelumnya, tidak jauh dari lokasi Pura Luhur Giri Arjuno dibangun Candi Indrajaya.

Pura Indrajaya digunakan untuk Hari Raya Galungan dan Kuningan, sedangkan pelaksanaan Hari Raya Nyepi, Siwaratru, dan Saraswati diadakan di Pura Giri Arjuno.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pura Luhur Giri Arjuno, Anda harus menjaga tradisi dan tata krama selama berada di lokasi peribadatan umat Hindu.

Daya Tarik Pura Luhur Giri Arjuno

Meski merupakan tempat ibadah umat Hindu, Pura Luhur Giri Arjuno memiliki daya tarik tersendiri sehingga bisa menjadi lokasi wisata religi yang populer.

Daya tarik Pura Luhur Giri Arjuno antara lain:

1. Alam yang Indah

pemandangan sekitar candi
pemandangan di sekitar candi. peta google. sumber: pendeta gozali

Daya tarik pertama Pura Luhur Giri Arjuno adalah pemandangan yang disajikan sangat indah, berada di lereng Gunung Arjuno membuatnya memiliki panorama yang sejuk selain itu udaranya sangat segar.

Selain itu, Anda bisa melihat areal perkebunan apel yang cukup luas, karena lokasi Pura Luhur Giri Arjuno tidak jauh dari perkebunan apel.

Di sekitar candi juga terdapat pepohonan yang rindang dan rindang, saat anda berada di area pemujaan, Gunung Arjuno akan terlihat lebih jelas.

2. Tempat Ibadah yang Tenang

tempat beribadah
daerah untuk beribadah. peta google. sumber: Ngurah Surya Kusuma

Untuk memasuki Pura Luhur Giri Arjuno, Anda harus terlebih dahulu meminta izin ke Pelinggih Hyang Sarip yang terletak tepat di depan pura.

Banyak umat Hindu datang dari berbagai daerah untuk beribadah di sini, terutama saat perayaan Saraswati yang selalu digelar setiap 210 hari sekali.

Perhitungannya berdasarkan perhitungan kalender Bali pada hari Sabtu, Umanis, Mountain Time. Banyak umat Hindu yang datang untuk merayakannya di Pura Luhur Giri Arjuno, tidak hanya dari sekitar Kota Batu.

Namun, nampaknya saat ini candi tersebut belum bisa dikunjungi oleh orang-orang yang datang dari luar kota karena kondisi Indonesia yang masih dalam masa pandemi Covid-19.

Pura Luhur Giri Arjuno memiliki suasana yang tenang dan damai, sehingga umat Hindu dapat beribadah dengan khusyuk.



Terimakasih sudah membaca artikel Pura Luhur Giri Arjuno, Wisata Religi di Kota Batu

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

BACA JUGA :  Pantai Sedahan, Tentang Pesona Gerbang Ombak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *