Surabaya North Quay, Sunset Point View Dengan Dekorasi Laut Biru

by -2 views
Spot Foto Favorit - SatuPos.com


Surabaya North Quay bukanlah lokasi wisata biasa, mengapa demikian? Karena lokasi wisata ini merupakan pelabuhan penumpang.

Dengan berada di sebuah gedung bernama Gapura Surya Nusantara milik Pelindo III menghadirkan suasana pelabuhan dan kapal-kapal yang bersandar di sana.

tempat berlabuh kapal
dermaga kapal. peta google. sumber: mendidik nugraha

Check out: wisata keluarga di Kebun Binatang Surabaya

Awalnya Pelabuhan Tanjung Perak selalu ramai oleh mereka yang ingin menyeberang ke Pulau Madura dengan kapal laut. Namun, sejak hadirnya jembatan Suramadu, aktivitas ini berangsur-angsur mulai berkurang.

Kehadiran Surabaya North Quay mampu membuat pelabuhan ini kembali ramai, karena kita bisa duduk santai menikmati sunset yang sangat indah.

Lokasi Dan Alamat Surabaya North Quay

Lokasi Surabaya North Quay berada di Pelabuhan Tanjung Perak, tepatnya berada di Perak Utara, Kecamatan Pabean Cantikan, Surabaya Timur, Jawa Timur.

Rute menuju Surabaya North Quay sangat mudah dijangkau, apalagi jalurnya sangat mulus dan bisa dilalui kendaraan jenis apapun.

Bagi Anda yang datang dari luar Surabaya, dan turun di Bandara Juanda, Anda bisa menggunakan taksi dengan tarif Satupos Rp. 75.000,- sampai dengan Rp. 150.000,-

Sedangkan bagi anda yang membawa kendaraan sendiri bisa membawa kendaraan anda menuju Pelabuhan Tanjung Perak, ada banyak rambu-rambu jalan yang akan mengarahkan anda.

jembatan suramadu
jembatan Suramadu. peta google. sumber: alasroban

Jadwal Pembukaan Surabaya North Quay

Jam operasional Surabaya North Quay buka setiap hari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 11.30 hingga 20.00 waktu setempat.

Sedangkan untuk hari Senin tutup.

Tiket Masuk Surabaya North Quay

Tiket yang harus dikeluarkan Satupos lain:

  • Saat memasuki lokasi Pelabuhan Tanjung Perak dengan membayar Rp. 5.000,- untuk sepeda motor dan Rp. 10.000,- untuk mobil.
  • Masuk ke area Surabaya North Quay, Anda membayar Rp. 10.000,- per orang.

Itu belum termasuk tiket parkir kendaraan yang Anda gunakan.

berfoto dengan perahu yang sedang bersandar
berfoto dengan perahu yang sedang bersandar. peta google. sumber: Sofia

Baca: Review Pembibitan Surabaya

Fasilitas Surabaya North Quay

Fasilitas di Surabaya North Quay sangat lengkap yaitu dengan tersedianya:

  • Area parkir kendaraan luas
  • ruang sholat
  • Toilet
  • Pujasera
  • Toko suvenir
  • Tempat foto

Tempat Wisata Surabaya North Quay

1. Pelabuhan Termegah di Indonesia

penampakan kapal pesiar yang miring
Pemandangan kapal pesiar yang sedang berlabuh. peta google. sumber: Di Sayuta

Check out: info tentang Taman Kenjeran

Saat berada di Pelabuhan Tanjung Perak, kesan pertama yang muncul di benak Anda seperti berada di bandara, karena terlihat sangat mewah dan bersih.

Khususnya Gedung Gapura Surya Nusantara yang didesain sedemikian rupa sehingga membuat pengunjung atau penumpang yang datang tidak bosan saat menunggu kapal dinaiki.

Loading...

Gedung baru yang diresmikan pada Oktober 2014 ini memiliki fasilitas double garbarata, yaitu jembatan penghubung Satupos ruang tunggu dan kapal.

Aerodrome ganda biasa terjadi di bandara. Selain itu, lokasi ini juga dipersiapkan untuk menjadi pelabuhan kapal pesiar mewah kelas dunia.

ruang tunggu yang sangat nyaman
ruang tunggu yang sangat nyaman. peta google. sumber: Farid Fdx

Sehingga sangat wajar jika disematkan sebagai pelabuhan termegah di Indonesia, apalagi fasilitas yang ada sangat lengkap seperti ruang tunggu ber-AC dan dilengkapi dengan sofa yang nyaman dan empuk.

Dilengkapi juga dengan taman bermain anak dan banyak toko oleh-oleh yang menjual pakaian atau oleh-oleh makanan khas Surabaya.

Pelabuhan wisata ini juga menyediakan program Sailing Fun Trip Jelajah Selat Madura yang diadakan setiap akhir pekan mulai pukul 15.00 hingga 17.00 dengan biaya sekitar Rp. 75.000,- untuk sekali jalan.

Dengan durasi sekitar 1 jam, di mana Anda akan melihat kapal-kapal yang menurunkan jangkarnya ke dermaga, melihat Monumen Jalesveva Jayamahe, menyeberang di bawah Jembatan Suramadu, dan masih ada pemandangan seru lainnya.

2. Pemandangan Titik Matahari Terbenam

pemandangan titik matahari terbenam
pemandangan titik matahari terbenam. peta google. sumber: nugraha

Lihat : daftar tempat wisata di surabaya

Lokasi Surabaya North Quay berada di area rooftop, sehingga memperlihatkan pemandangan laut lepas dan kapal-kapal yang melintas maupun yang sedang bersandar. Selain itu Anda bisa melihat dengan jelas Pulau Madura.

Banyak pengunjung yang datang saat sore hari, untuk bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam di tempat ini. Terdapat banyak kursi yang menghadap ke laut lepas, cocok untuk anda yang ingin beristirahat sejenak.

Mengingat Surabaya merupakan kota metropolitan kedua setelah Jakarta, sudah pasti warganya selalu ramai setiap harinya.

3. Jembatan Suramadu

Selain pemandangan laut lepas, Anda juga bisa melihat Jembatan Suramadu yang megah, serta Monumen Jalesveva Jayamahe yang gagah.

Jembatan Suramadu merupakan jembatan terpanjang di Indonesia yang menghubungkan Pulau Jawa di Surabaya dengan Pulau Madura di Bangkalan, tepatnya di Kamal Timur.

Jembatan Suramadu (Surabaya Madura) memiliki panjang sekitar 5.438 meter dengan lebar sekitar 30 meter, dan diresmikan oleh Presiden SBY pada tahun 2009.

4. Foto Spof

tempat foto favorit
tempat foto favorit. peta google. sumber: Sugi Arto

Selain menampilkan pemandangan laut lepas, ada juga spot untuk berfoto yang pastinya Instagramable. Favorit pengunjung adalah berfoto dengan latar belakang tulisan Surabaya North Quay.

Banyak juga pengunjung yang berfoto saat sunset sudah mulai menampakkan diri, juga dihiasi dengan kapal-kapal yang berlayar di laut lepas.

Ada juga yang berfoto saat berada di area food court, karena suasananya sangat bersih dan tertata dengan baik. Oh ya, saat berada di Surabaya North Quay diharuskan menggunakan uang elektronik dan saat ini tidak menerima uang tunai.



Terimakasih sudah membaca artikel Surabaya North Quay, Sunset Point View Dengan Dekorasi Laut Biru

dari SatuPos.com

Nilai Kualitas Konten

BACA JUGA :  Menikmati indahnya "sunset" di Pantai Imbuti, Merauke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *