Survei Agoda mengungkap lima tren wisatawan Indonesia

by -0 views
pexels leah kelley - SatuPos.com



pexels leah kelley - SatuPos.com

Jakarta (Satupos) – Travel app Agoda pada Selasa mengungkapkan lima besar perilaku wisatawan Indonesia selama pandemi melalui survei bertajuk “Travel in 2021”.

“Untuk wisatawan Indonesia ada tren saat pandemi. Hasil top survey menunjukkan masyarakat yang melakukan perjalanan hari ini lebih banyak melakukan perjalanan pendek, artinya ada tren. liburan di hotel seperti yang kita ketahui selama ini,” kata Senior Country Director Agoda Indonesia Gede Gunawan dalam diskusi virtual pada acara “Agoda Media Briefing”, Selasa.

Baca juga: Tren New Normal Travel, Destinasi Dekat Rumah Makin Dilirik

Liburan di hotel Dalam hal ini misalnya wisatawan yang berada di pulau Jawa hanya akan bepergian di Pulau Jawa dengan durasi tujuan yang pendek,” tambah Gunawan.

Merinci, survei menunjukkan tiga tren teratas, di mana 42 persen orang Indonesia cenderung melakukan perjalanan singkat, 37 persen responden ingin menjelajahi tujuan wisata lokal baru, dan 30 persen ingin mencari pengalaman sebagai bagian dari akomodasi mereka.

“Ada yang menarik dari survei tersebut bahwa wisatawan Indonesia juga sangat gemar menjelajah destinasi lokal baru. Kalau dulu misalnya wisatawan hanya terpaku mengunjungi Pantai Kuta yang sangat populer di Bali, sekarang mungkin akan mengeksplor destinasi baru, baik yang masih di Bali maupun di tempat lain,” kata Gunawan.

Baca juga: Prediksi Tren Wisata 2021, “staycation” hingga “roadtrip”

Tidak berhenti di situ, dua tren lainnya menunjukkan bahwa 29 persen responden menggunakan situs perjalanan on line seperti Agoda untuk pemesanan perjalanan dan 27 persen orang Indonesia memperlakukan akomodasi sebagai tujuan, bukan hanya tempat untuk beristirahat.

“Uniknya, pelanggan di Indonesia saat ini menjadikan akomodasi sebagai tujuan mereka. Jadi, akomodasi atau hotel bukan hanya sekedar tempat menginap, tapi lebih dari itu,” ujarnya.

BACA JUGA :  Turis Italia harus memiliki "pass hijau" untuk mengunjungi lokasi wisata
Loading...

Gunawan mengatakan, dulu hotel merupakan basis wisata untuk menjelajahi daerah setempat, terutama bagi wisatawan asing.

Baca juga: “Staycation” dan “roadtrip” jadi tren favorit para pemburu diskon wisata

Sekarang, pengunjung domestik dan liburan di hotel mendominasi perjalanan. Kebanyakan orang ingin meningkatkan pengalaman akomodasi mereka karena mereka mungkin menghabiskan lebih banyak waktu di hotel dan mencari hotel yang menyediakan fasilitas hiburan.

“Ini sangat menarik karena di masa lalu orang-orang yang tinggal di hotel hanya ingin tinggal sendiri. Tapi sekarang trendnya hotel dijadikan destinasi dan dari sini mereka mulai menjelajah untuk mencari pengalaman baru mengeksplorasi fasilitas hotel,” ujarnya.

“Di hotel, mereka mencari aktivitas ekstra atau sekedar kemewahan ekstra, seperti makanan dan minuman, paket spa, atau keuntungan untuk keluar terlambat. Cara orang menikmati liburan sekarang sudah berubah,” pungkas Gunawan.

Baca juga: Pandemi COVID-19, Tren Travelling Pakai Helikopter “Pribadi” Meningkat

Reporter: Rizka Khaerunnisa
Redaktur : Suryanto
HAK CIPTA © Satupos 2021



Terimakasih sudah membaca artikel Survei Agoda mengungkap lima tren wisatawan Indonesia

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *